Widget HTML #1

Cara Memaster Kenari Supaya Bersuara Merdu dan Bervariasi

Cara Memaster Kenari

Burung kenari merupakan jenis burung pengicau, dimana suara kicauan secara alami memang sudah merdu.

dalam dunia kicaumania, meskipun dasar suara kicauan burung kenari sudah merdu, namun banyak sekali kicaumania yang melatih burung peliharaannya itu supaya memiliki suara kicauan yang lebih berdu dan lebih bervariasi, sehingga makin enak di dengar.

suara kicauan burung kenari memang bisa di latih untuk meningkatkan kemampuan berkicaunnya semakin indah dan merdu dengan melatihnya untuk bisa menirukan suara kenari lain yang sudah gacor atau dengan suara kicauan burung lainnya, seperti melatih kenari agar memiliki suara kicauan burung Blackthroat.

Suara Masteran untuk Kenari

Agar kenari mampu berkicau dengan banyak variasi lagu pada suara kicauannya, kita bisa memasternya dengan burung jenis lain yang bisa ditirukan nantinya, seperti memasternya dengan burung gelatik wingko, Jalak Suren, Burung Decu, Lovebird, Blackthroat, prenjak dan parkit.

Untuk Kumpulan Burung di atas, bisa cek di link Ini untuk mendownloadnya Download Suara Masteran Burung .

Persiapan Pemasteran kenari

untuk proses pemasteran kenari bukanlah hal yang bisa dilakukan dengan cara yang tepat supaya burung bisa menirukan pada suara yang sering kita gunakan sebagai burung masteran.

perlu melakukan perawatan yang tepat dan konsisten dalam melakukannya. dan meskipun bisa mendapatkan suara kicauan yang bagus, tetap harus dilakukan pemasteran supaya burung kenari tidak kembali ke suara aslinya atau glender.

untuk itu, meksipun pada dasarnya burung kenari mampu menirukan suara kicauan burung yang sering di dengarnya, untuk bisa mempertahankan atau melatih suara kicauan, harus konsisten dalam melakukan perawatan yang tepat.

Umur Memaster Kenari

usia ideal untuk melatih burung kenari berkicau ketika usia burung 25 hari 1,5 bulan, karena pada saat umur segitu biasanya burung akan belajar ngoceh, dan pada saat itulah suara masteran dilakukan guna untuk membantu burung belajar, sehingga proses menirukan suara masterannya bisa dengan optimal di tirukan burung kenari.

Perawatan Kenari yang Akan di Master

Berikan pakan yang berkualitas dengan memberikan makanan yang mengandung gizi yang lengkap seperti pakan biji-bijan yang lengkap, sayur-sayuran dan juga telur puyuh rebus, lebih bagus lagi telurnya di olesi terlebih dahulu sama minyak ikan.

dengan begitu, burung masteran dan burung yang sedang dilatih sama-sama fokus, dimana burung masteran aktif berkicau dan burung yang di latih fokus mendengarkan suara kicauan dari burung masteran.

Cara Memaster Burung Kenari

 untuk memaster burung kenari di kenal ada 2 metoda, seperti metode Live-Tutoring ( dimaster burung langsung ) dan juga tape-tutoring ( suara rekaman burung ).

Cara memaster tersebut memiliki keunggulan masing-masing, terutama memaster dengan burung langsung bisa lebih optimal, karena selain melibatkan suara kicauan burung ( auditorial ), juga melibatkan visual ( penglihatan), sehingga lebih unggul cara ini dilakukan.

Cara Memaster Burung Langsung ( Live-Tutoring )

Untuk memastern burung kenari bisa dilakukan dengan menggunakan indukan kenari itu sendiri, namun dengan cara itu hanya bisa membuatnya memiliki suara kicauan yang standar saja.

namun, jika ingin memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi, bisa memasternya dengan burung lainnya seperti burung moxambik, edel snagar, blackthroat atau burung lainnya yang seperti di sebutkan pada artikel di atas.

pastikan juga burung masterannya itu burung yang aktif berkicau, dan juga bukan burung bakalan atau burung bakan yang kualitasnya biasa.

sedangkan untuk burung masterannya itu bisa menggunakan 1 sampai 3 jenis burung masteran.

jika menggunakan 3 burung masteran dengan 1 burung yang dilatih, maka posisinya burung yang dilatih itu lebih tinggi dengan menyimpan burung masterannya melingkar dengan posisi lebih rendah dari burung yang dilatih, supaya burung yang di master tersebut lebih fokus dan tidak mudah stres.

akan tetapi, jika melatih burung lebih dari satu, 3 burung misalkan, maka burung masterannya di simpan di tengah-tengah dan burung yang sedang dilatih di simpan secara melingkar.

latih burung pada waktu yang tepat, seperti pada jam 10.00 dan juga jam 14.00, dan pastikan juga sirkulasi dan pencahayaan cukup, karena burung masteran akan aktif berkicau jika itu terpenuhi.

Pemasteran kenari Tape-tutoring ( Suara Rekaman )

untuk melatih kenari dengan menggunakan suara rekaman burung ga terlalu jauh berbeda, dengan memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi dengan baik.

Suara volume burung masteran juga jangan terlalu keras dan terlalu kecil, di putar dengan volume standar kekencangan burung kenari berkicau.

untuk waktu pemasterannya bisa dilakukan pada jam 09.00, jam 14,00 dan pada malam hari sebelum kenari tidur.

Selain itu ada beberapa hal penting yang penting saat memaster kenari, seperti :

  • Suara rekaman dari kicauan burung masteran tidak ada Noise alias bersih
  • Volume suara rekaman tidak terlalu trebel dan tidak terlalu ngebass
  • Gunakan 1 jenis suar kicauan saja, maksimal 3 variasi suara kicauan ketika saat melakukan pemasteran di waktu yang sama

 

Itulah beberapa Informasi seputar tentang cara memaster burung kenari supaya bersuara merdu dan bervariasi suara kicauannya dengan melakukan persiapan hingga perawatannya.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memaster Kenari Supaya Bersuara Merdu dan Bervariasi"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News