Widget HTML #1

Kandang Penangkaran Burung Cucak Jenggot Model Minimalis dan Maksimalis


Kandang model minimalis hanya bisa dipakai di lokasi budi daya yang tertutup, karena tidak memiliki atap sebagai penutup yang dapat melindungi pasangan cucak jenggot dari panas dan hujan. Kandang jenis ini dapat dibeli dengan harga kisaran Rp.250.000 hingga Rp.1.500.000, tergantung dari kualitas kayu dan kerumitan pembuatannya.

Beberapa keuntungan menggunakan kandang model minimalis antara lain memudahkan pembersihan kandang, pemberian pakan, merencanakan masa bereproduksi cucak jenggot, meminimalisir kematian anakan cucak jenggot, dan lain sebagainya. Sementara itu, beberapa kelemahan menggunakan kandang model ini antara lain biaya yang dibutuhkan untuk membeli kandang relative mahal.

Berikut ini merupakan contoh kandang budi daya cucak jenggot model minimalis yang bisa anda jadikan sebagai gambaran dalam memilih kandang bagi pasangan cucak jenggot yang akan dibudidayakan:

Sekilas, kandang budi daya model minimalis di atas sangat mirip dengan sangkar. Bahkan, bukan hanya sangat mirip, melainkan memang benar-benar sangkar. Ya, begitulah, yang dimaksud dengan kandang budi daya model minimalis di sini adalah sangkar. Kandang budi daya cucak jenggot model ini dapat diletakkan di lokasi tertutup, seperti pekarangan rumah dan ruangan-ruangan di dalam rumah yang tidak terpakai.

kandang  ternak minimalis untuk cucak jenggot

 Baca Juga : Cara memilih Indukan Cucak Jenggot

Selain model minimalis, kandang budi daya yang bisa dipilih untuk menampung pasangan cucak jenggot juga tersedia model maksimalis. Kandang budi daya model ini berukuran cukup luas dan di dalamnya terdapat sarana-sarana pendukung budi daya yang lengkap, mulai dari daha kayu (sebagai tangkringan), wadah pakan,wadah minum, box sarang, hingga tempat keramba.

Baca Juga : Cara Merawat Cucak Jenggot

kandang cucak jenggot  ukuran besar

 

Kandang budi daya model maksimalis pada umumnya digunakan untuk menampung sepasang cucak jenggot, tetapi ada juga yang digunakan untuk menampung beberapa ekor cucak jenggot betina dengan satu ekor cucak jenggot jantan. Mengingat ukurannya yang cukup luas, kandang model ini hanya digunakan oleh pembudidaya yang memiliki lokasi cukup luas.

Lihat Juga : Download Suara Cucak Jenggot Durasi Panjang

Berikut ini salah satu contoh kandang budi daya model maksimalis yang bisa anda jadikan sebagai gambaran dalam memilih kandang bagi pasangan cucak jenggot yang akan dibudidayakan.

Para membudidaya cucak jenggot di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah banyak menggunakan kandang budi daya model maksimalis ini. Menurut mereka, kandang model ini lebih menghasilkan, karena bisa membuat cucak jenggot bereproduksi secara maksimal. Meskipun begitu, diakui juga bahwa pembuatan kandang budi daya model ini memerlukan biaya lebih tinggi ketimbang biaya pembuatan kandang budi daya model minimalis.

Post a Comment for "Kandang Penangkaran Burung Cucak Jenggot Model Minimalis dan Maksimalis"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News