Widget HTML #1

Cara Mengatasi Bulu Kacer Rontok

Burung kacer  dipelihara karena suara kicauannya yang merdu dan enak di dengar, akan tetapi penampilan dari fisik juga menjadi daya tarik tersendiri, seperti mengalami kerontokan bulu, dimana ketika bulunya rontok, untuk itu selain penampilan suara kicauannya dan penampilan fisiknya harus di rawat, karena jika bulu  burung rontok, maka akan menurun juga kualitas suara kicauannya.

Nah, walaupun seekor Kacer memiliki skill berkicau yang baik, namun jika bulunya rontok, apakah Kacer tersebut masih layak kita bilang bilang manarik? Tentu tidak bukan? untuk itu, sebagai seorang peternak atau pemelihara Kacer, kita dituntut untuk menjaga kesehatan tubuh dan bulu-bulu Kacer. Lalu, bagaimana jika kerontokan tersebut sudah terjadi? Dan bagaimana penanganan bulu Kacer yang rontok? Untuk tahu lebih jelasnya, mari kita simak materi di bawah ini.

Cara Mengatasi Bulu Kacer Rontok

Sebenarya, untuk melakukan tindakan penanganan dari masalah ini, Anda haruslah mengetahui kenapa bulu pada Kacer tersebut rontok? Pasalnya, selain untuk menentukan penanganan yang tepat, hal ini juga perlu Anda lakukan untuk mencegah penanganan yang keliru.

Adapun penyebab-penyebab dari kerontokan bulu itu sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Kacer sedang dalam kondisi mabung.
  2.   Kacer sedang over birahi, sehingga Ia melampiaskannya dengan cara mencabuti bulu-bulunya.
  3.  Kacer terjangkit kutu.
  4.  Karena faktor biologis

Penyebab di atas adalah beberapa penyebab utama kerontokan bulu yang terjadi pada Kacer. adapun penanganan paling ampuh untuk bulu Kacer yang rontok itu sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Berilah Ia pakan yang bergizi dan mengandung banyak protein. Pasalnya, protein dipercaya mampu untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan keratin bulu sehingga mempercepat pertumbuhan bulu pada Kacer. 
  2. Hentikan pemandian Kacer selama dalam masa kerontokan bulu. Selain itu, kurangi atau bahkan hentikan proses penjemuran Kacer selama Ia mengalami masa kerontokan, baik itu Kacer mabung, keturunan, atau bahkan karena kutu dan OB. 
  3.  Lakukanlah karantina bagi Kacer yang sedang mengalami kerontokan bulu. Di samping itu, lakukanlah pengredongan pada sangkar dan tempat karantina Kacer yang sedang mengalami kerontokan bulu.

4.  Penanganan lain kerontokan bulu pada Kacer berikutnya adalah denga cara memberikannya obat-obatan. Jadi, jika penyebab kerontokan itu adalah karena kutu, maka berilah Ia obat pembasmi kutu, jika Ia mengalami kerontokan karena faktor keturunan, maka berilah Ia obat untuk mempercepat proses pertumbuhan bulu. Akan tetapi, jika penyebabnya adalah karena mabung dan OB, maka Anda hanya cukup mengatasinya dengan cara melakukan perawatan untuk Kacer yang mabung dan OB saja.

Demikian cara-cara untuk mengatasi bulu Kacer yang rontok. Tapi, selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga harus berusaha untuk mencegah hal ini terjadi. Adapun cara untuk mencegah kerontokan ini bisa Anda lakukan seperti, merawat Kacer dengan baik dan benar, membersihkan sangkar dan kandang Kacer secara rutin, memberikan multivitamin untuk Kacer bila diperlukan.

 

Post a Comment for "Cara Mengatasi Bulu Kacer Rontok"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News