Widget HTML #1

Cara Memelihara Burung Hantu Yang Tepat Bagi Pemula

Walaupun ada beberapa orang yang menganggap burung hantu merupakan burung yang menyeramkan, namun  ternyata banyak juga yang menyukai hewan ini untuk di pelihara.

dalam bahasa Inggris burung hantu memiliki nama sebutan Owl ( Bird Of Prey ) dengan memiliki kebiasaan yang aktif di malam hari untuk berburu makanan dan aktifitas lainnya, sedangkan ketika siang hari lebih banyak waktu di habiskan untuk tidur dan beristirahat.

Beberapa Ciri Khusus Burung Hantu Baik Fisik Maupun Sifat

Jenis hewan ini memang aktif pada malam hari. Selain itu, bentuk wajah dengan kesan menyeramkan itu menjadikannya dipercayai sebagai mitos mengerikan. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman semakin maju. Spesies ini semakin dikenal dan banyak digemari. Bahkan sudah banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Hal ini karena spesies tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan keunikan jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Terlebih lagi jenis burung hantu paling populer dari spesies atau hewan tersebut juga beragam. Lebih jelasnya dapat anda lihat pada ulasan berikut ini mengenai ciri khusus dari burung hantu. Sehingga anda dapat mengetahui keunikan pada jenis spesies ini.

  • Bentuk Wajah


Ciri khusus pertama dapat dilihat dari bentuk wajahnya yang mana berbeda dari jenis burung lain. Wajahnya hampir mirip dengan bentuk wajah manusia dimana matanya menghadap kedepan. Hal tersebut membuatnya tampak menyeramkan. Beberapa jenis yang lain memiliki ciri bentuk wajah membentuk love. Namun sebagian besar spesies tersebut biasanya memiliki wajah seperti topeng.

  • Paruh


Selanjutnya, keunikan dari hewan tersebut bisa dilihat pada bentuk paruhnya. Paruhnya membentuk bengkokan ke bawah. Selain itu juga tajam sehingga membuatnya lebih lincah dalam mencari mangsanya. Bukan hanya itu saja, terdapat bulu jambul juga pada bagian paruhnya dan lembut.

  • Penglihatan


Ciri yang khusus lainnya terletak pada penglihatannya yang tajam. Jadi meskipun berada di tempat gelap, jenis burung tersebut dapat melihat dengan baik. Sehingga lebih mudah berburu mangsa. Selain itu kepalanya juga dapat berputar hingga 135 derajat. Meskipun penglihatannya tajam namun burung hantu justru mengalami rabun dekat. Sehingga apapun didepannya mungkin tidak bisa dilihat secara jelas.

  • Bentuk Mata


Anggapan menyeramkan sebenarnya datang dari bentuk matanya yang besar, menonjol dan bulat. Tingkat fokus dari penglihatan matanya juga sangat baik sehingga dapat meningkatkan kemampuan memburu mangsa.

  • Perkembangbiakan


Dalam perkembangbiakannya, hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Telurnya berwarna putih dan cangkangnya keras. Telur tersebut dierami oleh sang betina di dalam sangkar.

  • Ciri Sifat


Ciri khusus dari burung hantu selanjutnya adalah mengenai sifatnya. Salah satunya adalah sifat rakusnya yang memungkinkan untuk memakan sesama spesies yang kecil. Dalam perburuannya, burung hantu mampu menyembunyikan suara sayapnya sehingga tiba-tiba menerkam mangsanya. Kemampuan mensuplai darah ke bagian otak membuatnya mampu memutar leher secara ekstrim.

Itulah beberapa ciri khusus burung hantu yang dapat anda kenali. Dengan mengetahui ciri khususnya, maka anda akan lebih mengetahui banyak mengenai spesies tersebut. Terlebih lagi jika tertarik memeliharanya, sudah pasti sangat perlu mengetahui hal ini. Ada berbagai macam jenis dari hewan tersebut sehingga ciri fisiknya mungkin terdapat sedikit perbedaan. Seperti ukuran tubuhnya berbeda-beda. Ada beberapa jenis memiliki ukuran tubuh kecil hingga ukuran tubuh terbesar. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Terutama bagi anda kaum awam mengenai jenis hewan tersebut dan ciri khusus yang merupakan keistimewaan serta keunikannya.(lihat juga : keistimewaan burung hantu bubo)

Pelihara Yang Masih Anakan


Jika ingin memeliharanya, mulailah dari anakan. Karena mudah dijinakkan dan dilatih. Selain itu proses perawatannya pun lebih mudah. Proses makan belum terlalu besar. Hanya jenis serangga seperti jangkrik saja. Harganya pun masih tergolong murah. Kalau anda merawat indukan, kemungkinan melatihnya akan lebih sulit.(lihat : tips memelihara anak burung hantu)

Buat Tenggeran Yang Nyaman


Burung hantu sangat suka bertengger. Buatlah tempat senyaman mungkin, karena hewan ini mudah stres. Jika anda memasukkan didalam kandang terus. Lama-lama dia akan stres; selain itu dengan menggunakan tenggeran, akan lebih mudah menjinakannya. Kalau anda harus memasukkan didalam kandang burung hantu, pilihlah sangkar berukuran besar. Kalau terlalu kecil membuatnya semakin stres. Ada banyak sekali model tenggeran owl yang bisa anda buat. Bisa dari kayu, besi dan lainnya.

Butuh Kasih Sayang

Tak hanya manusia yang membutuhkan kasih sayang. Hewan pun membutuhkannya. Merawat hewan ini. Tentunya akan berbeda dengan burung lainnya. Hewan ini bisa menjadi liar atau akan jinak sekali. Jika ingin cepat menjinakannya, anda harus memberikan kasih sayang lebih kepadanya. Misalnya sering mengelus kepalanya dengan lembut. Kalau dia sudah terlihat nyaman, berarti proses penjinakannya berjalan lancar. Dia akan mudah mematuhi perintah anda.(lihat : cara menjinakan burung hantu)

Jangan Dijemur Bawah Matahari


Jangan pernah menjemurnya langsung dibawah terik matahari. Hewan ini merupakan hewan nokturnal atau hidup di malam hari. Dia akan mencari mangsanya ketika malam datang. Pada siang hari, hanya duduk termenung atau tidur. Kalau dia terkena panas, akan menganggu proses biologis ditubuhnya. Jadi kalau sudah mulai panas, letakkan ditempat yang teduh dan jangan dimandikan pada siang hari.

Matikan Lampu Di Malam Hari


Ketika malam hari, matikan lampu di sekitar kandang. Jika keadaannya terang, akan mengganggu aktivitasnya. Walaupun keadaan gelap, dia masih mampu melihat dengan jelas. Karena matanya memiliki kornea yang bisa melihat ditempat gelap sekalipun.

Beri Makanan Tepat


Jangan lupa untuk memberikan makanan yang tepat. Makanan untuk anakan dan indukan tentunya beda. Selain itu setiap jenis, punya makanan berbeda-beda. Anda harus tahu jenis peliharaan anda. Jangan pernah memberinya makanan dengan sembarangan. Hewan ini termasuk golongan karnivora atau pemakan daging. Pastikan makanannya mengandung gizi dan protein tinggi. Anda bisa memberikan jangkrik, ikan kecil ,tikus putih dan masih banyak lainnya. 

Lihat Juga : Makanan Burung Hantu

Dalam memelihara burung hantu ini, memang harus diperhatikan dengan baik. Jika melihat di gambar burung hantu, anda akan melihat mereka jinak dengan manusia. Untuk memperolehnya, anda harus merawat dengan baik. Jadikan mereka seperti sahabat, lakukan dengan baik dan beri kasih sayang. Ini akan membantunya. Cepat jinak dan dekat dengan anda. Tentunya proses perawatan akan berbeda dengan burung kicauan, yang lebih mudah. Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memelihara Burung Hantu Yang Tepat Bagi Pemula"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News