Widget HTML #1

Cara Merawat Ciblek Agar Bersuara Ngebren

Ciblek Bersuara Ngebren

Walaupun ngebren atau suara tembakan khas ciblek merupakan bawaan karakter dari masing-masing individu , tapi kicaumania bisa juga kok melatihnya sendiri di rumah. Seperti ngekek lovebird pada umumnya, ngebren menjadi salah satu daya tarik saat memelihara burung ciblek. Untuk itu, simak cara merawat ciblek agar bersuara ngebren berikut ini.

Ada beberapa faktor pendukung ciblek cepat mengeluarkan suara ngebrennya, yaitu:
  1. Faktor emosi yang biasanya dimiliki oleh burung yang sudah cukup umur atau burung muda yang siap memasuki usia matang kelamin.
  2. Faktor tutoring yaitu melatih ciblek dengan mendengarkan suara tembakan ciblek lain.
  3. Faktor nutrisi  dengan memenuhi kebutuhan pakan harian dan tambahannya.

Untuk melatih ciblek agar rajin bersuara ngebren, maka perawatan hariannya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Beberapa cara merawat ciblek agar bersuara ngebren berikut ini dapat diterapkan pada burung ciblek muda maupun bakalan:

  • Pengembunan rutin dan teratur setiap pagi. Untuk ciblek muda / dewasa, pengembunan baiknya dilakukan sejak setengah jam sebelum matahari terbit. Pada saat itu, burung diberikan pakan tambahan atau EF berupa kroto sebanyak setengah sendok teh.
  • Setelah matahari terbit, segera mandikan ciblek dengan menggunakan bak mandi kecil yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya. Untuk memancing ciblek mandi bisa dilakukan penyemprotan halus pada bagian dadanya.
  • Setelah mandi ciblek diangin-anginkan sambil diberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong warna putih sebanyak 2 ekor.
  • Berikan pakan voer halus yang terjamin kualitas dan manfaatnya.
  • Setelah diangin-anginkan, ciblek dijemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2-3 jam.
  • Selesai dijemur, ciblek kembali diangin-anginkan di tempat teduh dan sejuk. Selama berada di tempat tersebut, ciblek bisa dimaster dengan lagu-lagu yang sesuai, misalnya suara tembakan kenari, cililin, lovebird, dll.
  • Berikan pakan tambahan yang terdiri dari 1 setengah sendok teh kroto, 3 ekor ulat hongkong putih, 1 ekor jangkrik kecil.
  • Jika cuaca memungkinkan, pada sore harinya ciblek kembali dijemur di bawah cahaya matahari sore.
  • Setiap 1-2 minggu sekali, ciblek dipancing ngebren dengan burung betina.
  • Malam hari, sangkar dikerodong dan burung dibiarkan beristirahat sampai dikeluarkan untuk pengembunan.

Demikian beberapa cara merawat ciblek agar bersuara ngebren.

Semoga manfaat.

Post a Comment for "Cara Merawat Ciblek Agar Bersuara Ngebren "

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News