Widget HTML #1

Tips Merawat Murai Batu Anakan yang Drop Mental

Tips Merawat Murai Batu Anakan yang Drop Mental

Tips Merawat Murai Batu Anakan yang Drop MentalMelatih mental murai batu paud biasanya dilakukan dengan cara yang sama seperti burung dewasa. Tapi karena kurang pengalaman dan jarang dilatih, maka murai batu tersebut akan rentan stres dan ngedrop mentalnya. Kondisi ini pun harus segera diatasi sebelum burung kembali dilatih.

Ada beberapa penyebab mengapa murai batu yang masih paud / trotolan mudah mengalami ngedrop mentalnya.  Adapun penyebab yang paling umum adalah:

  • Murai batu paud / trotolan masih memiliki mental yang belum cukup baik, sehingga jika terlalu sering didekatkan dengan burung yang sudah mapan atau gacor akan membuatnya mudah stres dan ngedrop mentalnya. Latihan dengan murai batu dewasa bisa dilakukan jika burung sudah terlatih mentalnya.
  • Burung mendapatkan settingan yang terlalu tinggi. Biasanya hal ini dilakukan pemilik burung agar murai batu paud miliknya cepat rajin bunyi, tapi faktanya hal tersebut justru bisa menghambat perkembangannya. Untuk murai batu yang masih paud sebaiknya diberikan pakan bervariasi yang tinggi kandungan nutrisinya.
  • Saat stamina dan mentalnya belum cukup siap, murai batu paud dipaksakan untuk bertanding, alhasil burung akan mudah sekali stres dan ngedrop mentalnya.
  • Murai batu paud yang kurang dan /atau terlalu berlebihan dalam perawatannya. Contohnya burung jarang dimandikan atau dijemur, atau karena kurang terjaganya kebersihan sangkar dan pakannya.
  • Burung yang kekurangan vitamin cenderung sulit dilatih mentalnya, sehingga rentan stres dan ngedrop. Untuk itu, berikan vitamin yang sesuai untuk kebutuhannya agar burung terhindar dari stres, sakit, dan ngedrop mental.

Untuk mengatasi murai batu paud yang ngedrop mentalnya, maka langkah-langkah perawatan di bawah ini bisa mulai diterapkan, yaitu:


  • Memisahkan burung ke tempat yang tenang, dan jauh dari gangguan maupun keberadaan burung sejenis.

    Berikan pakan secara full, terutama pakan tambahan (EF) tanpa dibatasi oleh settingan.

    Mulai memandikan burung setiap dua hari sekali, dan memberikan terapi mandi malam setiap seminggu sekali.

  • Selalu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya, juga selalu memantau kebersihan pakan dan air minumnya.
  • Mulai melakukan pengembunan dengan lebih rutin untuk membantu pemulihan mentalnya.
  • Berikan full kerodong saat cuaca sedang tidak bersahabat, untuk menghindari terpaan angin kencang maupun air hujan.
  • Berikan multivitamin yang tepat karena sangat membantu dalam pemulihan burung yang ngedrop mentalnya.

Sup Plus Bird bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Dapat juga dibeli langsung melalui pesan Whatsapp yang ada di halaman ini.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tips Merawat Murai Batu Anakan yang Drop Mental"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News