Widget HTML #1

Inilah Penyebab Burung Mencabuti Bulunya Sendiri

Penyebab Burung Mencabuti Bulunya Sendiri


Penyebab Burung Mencabuti Bulunya Sendiri - Salam Kicau Mania dan Burung Mania, pernahkan burung anda mengalami perilaku mencabuti bulunya sendiri??? Jika pernah ataupun sedang mengalami maka untuk kali ini saya akan sedikit membagi tips untuk mengetahui beberapa penyebab burung berperilaku mencabuti bulunya sendiri.

Pada dasarnya sebagian besar penyebab burung berperilaku mencabuti bulunya sendiri di karenakan terganggunya kondisi kesehatan dan mentalnya. Dan pada burung berkicau sperti Burung Anis Merah, Kacer, Murai Batu, Cucak Ijo,Cendet, Jalak Suren, Trucukan, Cucak Jenggot, Kenari, Lovebird, Tledekan  dll. terkhusus type patarung itu dapat di artikan sebagai pertanda kalau burung dalam kondisi setres. Tetapi semua jenis burung dapat mengalami permasalahan ini baik burung berkicau maupun burung berparuh bengkok, namun pada burung paruh bengkok ada beberapa pengecualian terutama pada jenis Burung Kakak Tua yang terkadang berperilaku mencabuti bulunya sendiri sebelum bertelur.


Nah lalu apa yang menjadi penyebab burung berperilaku seperti itu??? tentunya sebelum melakukan tindakan kita harus tau dulu apa penyebabnya, ada beberapa penyabab yang membuat perilaku itu muncul, maka dari itu simak penjelsan di bawah ini agar anda dapat memahami saat burung anda Mencabuti Bulunya Sendiri.


5 Penyebab Burung Mencabuti Bulunya Sendiri

Ada lima hal yang dapat kita jadikan indikator dalam menentukan penyebab burung berperilaku mencabuti bulunya sendiri, antara lain:


  • Fisik dan Mental

Seperti anda ketahui, burung juga dapat mengalami permasalahan fisik dan mental seperti layaknya makhluk hidup. Terutama sering terjadi pada tipe burung petarung seperti Burung Cendet, Kacer dan Murai Batu yang sering ikut perlombaan. Biasanya karena merasa kalah sebelum perang, maka dari itu banyak dari peserta lomba yang memberikan terapi khusus pada sebelum dan sesudah lomba agar fisik dan mentalnya terjaga karena kalau tidak begitu  akan rawan sekali mengalami setres, dan seperti yang sudah saya jelaskan di atas salah satu indikator burung dalam keadaan setres adalah burung mencabuti bulunya sendiri. Terutama pada jenis burung berparuh bengkok karena emosi mereka lebih labil dibandingkan jenis burung berkicau. Penyebab pada burung paruh bengkok yang mencabuti bulunya sendiri seperti frustasi,bosan,stres,jenus dll. Jika karena frustasi sexsual anda perlu menyediakan pasangan, sedangkan jika karena bosan dan jenuh anda dapat memberikan mainan pada sangkarnya atau menambahkan variasi pakan.Dan yang paling rawan menjadikan burung berperilaku seperti itu seringnya karena hidup di kandang koloni.

  • Pakan Kurang Bergizi

Kekurangan gizi juga dapat menjadi penyebab dalam kasus ini, oleh sebab itu anda perlu memperhatika keseimbangan kandungan gizi, vitamin dan mineral dalam pakanya karena jika tidak terpenuhi maka penampilan dan pertumbuhan bulu tidak bagus, kulit menjadi kering dan mudah terkelupas sehingga menyebabkan infeksi skunder sehingga burung merasa gatal dan akhirnya mencabuti bulunya sendiri buka karena terjangkit jamur, tungau atau parasit lainya, coba anda cek lagi pola pemberian pakan apakah sudah memenuhi kebutuhan gizinya.


  • Permasalahan Hormon

Untuk dapat memastikan penyebab dalam poin ini anda harus membawanya ke dokter hewan karena jika ada gangguan pada kelenjar adrenalin yang di sebabkan terganggunya hormon kortikosteron kemungkinan burung anda terjangkit penyakit addison, bisa juga jika yang terganggu kelenjar teroidnya akibat dari terganggunya hormon hiperteroid, yang menyebabkan bulu dapat rontok meskipun gerakan peruh burung tidak terlalu kuat.Meskipin kedua gangguan hormon tadi bukan menjadi penyebab utama terjadinya perilaku ini namun jika ganggaun hormon itu terjadi dapat mengakibatkan burung  merasa gatal pada bulu dan kulitnya. Karena untuk menyelidiki penyebab ini cukup sulit maka permeriksaan dokter hewan merupakan solusi terbaik jika burung mengalami kondisi ini.

  • Penyakit Dalam

Meskipun hal ini jarang terjadi tapi bukan berarti tidak ada kemungkinan, seperti jika burung terinfeksi mikroorganisne dalam usus yang di sebabkan oleh bakteri giardiasis, maka burung akan mencabuti bulunya sendiri meskipun sebenarnya bukan di akibatkan dari rasa gatal pada bulu atau kulitnya. Jika hal ini terjadi pun solusi terbaiknya adalah dengan membawanya ke dokter hewan karena diagnosa dan penyembuhannya tidak mungkin di lakukan oleh orang biasa yang tidak kompeten di dunia medis perhewanan.

  • Infeksi kulit dan bulu

Penyebab terakhir ini adalah yang paling sering dan umum terjadi pada burung sebagai penyebab berperilaku mencabuti bulunya sendiri karena merasa gatal pada bagian yang diserang. Anda bisa langsung mengecek dan memperhatikan kondisi kebersiahan dan kesehatan burung anda apakah ada indikasi serangan tungau,jemur atau parsit lainya yang dapat anda lihat langsung. Penanganannya pun cukup mudah anda bisa membeli produk-produk untuk mengatasi infeksi bulu dan kulit yang di akibatkan oleh jamur, bakteri atau virus, tungau dan parasit lainya agar burung anda dapat benar-benar terbebas dari semua itu. Selain dilakukan pengobatan pada burung jika sudah terjangkit jangan lupakan untuk menjaga kebersihan kandang dengan membersihkan dan menyemprot kandang dan lingkungan tempat tinggal burung dengan berbagai macam obat anti parasit dan jamur yang cukup banyak tersedia di toko-toko perlengkapan burung secara offline maupun online.


Demikianlah sedikit share dari saya tentang Penyebab Burung Mencabuti Bulunya Sendiri, jika ada kritik dan saran atau ingin menambahi silahkan tuliskan pada kolom komentar, semoga dapat bermanfaat bagi para Kicau Mania dan Burung Mania semua, terima kasih.

Post a Comment for " Inilah Penyebab Burung Mencabuti Bulunya Sendiri"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News