Widget HTML #1

Cara Mengatasi Lovebird Lumpuh Untuk Menghindari Kematian

cara mengatasi lovebird lumpuh


Bagi Anda yang sedang mencari tips mengatasi lovebird lumpuh , Anda berasa di halaman yang tepat. Seperti halnya manusia, burung pun juga dapat mengalami kelumpuhan. Kelumpuhan pada burung mengakibatkan sulitnya burung untuk melakukan berbagai aktivitas seperti makan dan minum secara sempurna.

Lovebird yang mengalami kelumpuhan bisa menyebabkan kematian. Hal ini disebabkan karena lovebird merasa stress dan kelaparan. Oleh karena itu mari simak cara mengatasi lovebird lumpuh untuk menghindari terjadinya kematian pada lovebird kesayangan Anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Lumpuh

Penyebab Lovebird Lumpuh

Sebelum Anda memasuki cara untuk mengatasi lovebird yang lumpuh, ada baiknya apabila Anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab utama dari burung lovebird Anda bisa menjadi lumpuh, maka Anda bisa ikut mencegahnya. Berikut adalah penyebab utama dari lovebird Anda bisa menjadi lumpuh:

1. Bisa jadi Lovebird Keracunan

Burung lovebird sedikit berbeda dengan burung lainnya, karena burung ini memiliki paruh yang bengkok. Lovebird mengandalkan paruhnya untuk menggerakkan tubuhnya dan berjalan mengitari sangkarnya yang terbuat dari logam. Tidak hanya itu saja, burung ini juga memiliki rasa ingin tahu yang besar dan senang menggigit berbagai benda yang terbuat dari logam.

Ada sangat banyak kasus di mana Lovebird bisa mengalami keracunan timah yang berasal dari lapisan antikarat yang sudah mengelupas. Lovebird yang sudah terlalu parah akan mengalami gangguan dalam organ pencernaan dan sistem keseimbangan dari tubuhnya. Hal inilah yang menjadi penyebab utama Lovebird bisa mengalami kelumpuhan mendadak.

2. Periksa pakan yang anda berikan

Sebab lain yang bisa Anda pelajari sebelum mengatasi lovebird lumpuh adalah dengan memperhatikan pakan yang Anda berikan. Meskipun jarang terjadi, tetapi Anda perlu memperhatikan dari sisi bahan kimia yang disebut ergotism. Bahan kimia ini sering ditemukan pada berbagai sayuran dan aneka biji-bijian.

Apabila lovebird Anda terlihat mengkonsumsi pakan yang sudah terkontaminasi ergot, maka dalam waktu singkat Anda bisa melihat burung Anda akan mengalami gangguan pencernaan. Salah satu gejala yang ditunjukkan dari lovebird adalah diare parah yang akan disertai dengan kejang-kejang.

4. Pastikan Apakah ada cidera di kaki / tubuh lovebird

Salah satu penyebab burung lovebird lumpuh / tidak bisa jalan adalah di karenakan adanya cidera yang ada di bagian kakinya. penyebabnyapun beraneka garam bisa di karenakan digigit hewan lain seperti tikus, kucing bahakan burung lovebird lain, selain itu juga bisa di akibatkan  karena terjepit kandang.

5. BIsa jadi Lovebid Lumpuh karena virus

Perlu anda ketahui virus juga bisa mengakibatkan burung lovebird anda menjadi lumpuh, salah satu tanda jika burung lovebird yang anda miliki lumpuh di karenakan virus adalah tidak adanya bekas luka di bagiak kakinya dan lovebird terlihat kurang nafsumakan.

Cara Menangani Lovebird Lumpuh

Apabila lovebird Anda mengalami kelumpuhan, maka ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi lovebird lumpuh. Cara yang pertama adalah anda perlu mengidentifikasi penyebab lovebird anda lumpuh. jika sudah lanjut ke cara yang kedua untuk mengatasi dan mencegah agar lovebird Anda tidak terserang penyakit yaitu, mulailah untuk memindahkan lovebird Anda ke dalam sangkar baru yang lebih aman. Salah satu yang bisa Anda gunakan untuk sangkarnya adalahi bekas akuarium. Apabila Anda tidak memiliki akuarium, maka bisa menggunakan cara sederhana seperti melapisi bagian dasar sangkar dengan karpet ataupun handuk.

Lovebird cacat Total

Apabila lovebird Anda lumpuh total dan tidak dapat bergerak, maka Anda bisa memberikannya pakan yang dicampur dengan air minum. Berikanlah lovebird asupan gizi dan vitamin yang tepat dengan cara menyuapi lovebird dengan potongan kecil buah-buahan. Salah satu buah yang bisa membantu untuk mempercepat penyembuhan dari kelumpuhan adalah buah apel. Buah ini memiliki kandungan petcin yang berfungsi sebagai detox alami untuk mengeluarkan toksisitas logam.

Dalam masa perawatan lovebird Anda yang lumpuh, Anda perlu menjamin kondisi suhu yang tepat. Berikanlah tempat tinggal yang hangat untuk lovebird Anda, seperti memasang lampu di dekat sangkarnya.  Biasakan juga untuk mengkerudungkan sangkarnya pada malam hari sebagai salah satu cara untuk mempercepat proses pertumbuhannya.

Lovebird lumpuh karena cidera

JIka lovebird lumpuh di karenakan ada cidera saya sarankan untuk sedikit memodifikasi kandang lovebird atau bisa juga memindahkan loevbird ketempat yang lebih baik. mengingat lovebird yang lumpuh tidak bisa bergerak terlalu banyak maka saya sarankan untuk mendekatkan pakan dengan tangkringan / burung lovebird tujuanya adalah agar lovebird lebih mudah menjangkau makanan / minumannya. Kemudian anda bisa mencoba untuk memberikan minyak tawon / bio clean sambil di pijat perlahan selama beberapa hari. Selain itu anda juga wajib untuk memantau kondisi lovebird. ditakutkan jika lovebird menjadi lemas karena kurang pakan / minuman.

Dengan mengikuti cara  mengatasi lovebird lumpuh di atas, maka Anda bisa mencegah terjadinya kematian yang tidak Anda inginkan.


Post a Comment for "Cara Mengatasi Lovebird Lumpuh Untuk Menghindari Kematian"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News