15 Tanaman Rambat Hias Untuk Peneduh Rumah (Cantik Dan Asri)



Bagi yang tinggal di perumahan dekat dengan area perkotaan, udara panas adalah masalah yang dihadapi setiap hari. Memasang pendingin udara akan membantu, namun juga berimbas pada tagihan penggunaan listrik. Tanaman rambat bisa jadi solusi ekonomis dan praktis.

 

Salah satu jalan keluar dalam mengatasi masalah udara panas adalah menanam berbagai tumbuhan agar udara di sekitar rumah lebih segar. Namun, jika kamu tinggal di perkotaan, mungkin tidak ada sisa lahan untuk menanam pohon. Bahkan tanaman pot masih butuh ruang.

 

Kamu bisa beralih ke tanaman yang lebih kecil, namun dapat memberi efek lebih dari sekedar tanaman pot, yakni tanaman rambat. Kamu tak perlu memberi tempat khusus. Tanaman ini bisa tumbuh merambat di dinding, pagar, bahkan bisa dimanfaatkan untuk peneduh di atap.

 

Macam-macam Jenis Tanaman Rambat Yang Cocok Untuk Hiasan

Tak hanya berfungsi sebagai peneduh, tanaman rambat juga mempercantik rumah dan membuat rumah tampak lebih asri dan nyaman ditinggali. Penempatannya pun tak sekedar untuk kanopi saja, tapi bisa diletakkan di berbagai titik rumah.

 

Perisai tahan panas untuk rumahmu ini pun memiliki banyak pilihan jenis sesuai keinginanmu. Ada jenis yang mudah dirawat, atau jenis yang berbunga terus. Ada juga jenis tanaman merambat yang hanya berupa daun tanpa bunga.

 

Di bawah ini akan dibahas beberapa jenis tanaman rambat untuk membantu kamu memilih tanaman rambat yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaanmu. Selamat memilih!

 

1.        Petrea Volubilis

Tanaman rambat Petrea Volubilis berasal dari Meksiko. Julukan terkenal dari tanaman berbunga ungu ini adalah ”Fleur de Dieu’, berarti bunga dari Tuhan.Bunga ini juga digunakan sebagai obat tradisional orang Karibia.

 

Petrea cocok dirambatkan di pagar karena bunganya yang indah bisa membentuk gugusan hingga sepanjang 1 meter, yang berisi 15-30 bunga. Setelah mekar beberapa hari, bunganya layu dan warnanya menjadi abu-abu.

 

Tanaman ini juga bisa tumbuh di bawah cahaya matahari penuh maupun teduh, dan pada tanah lembab dan sedikit kering.

 

2.        Clematis

Bunga dari tanaman Clematis juga tak kalah indah. Tanaman yang dapat ‘memanjat’ setinggi 12 meter ini cocok untuk ditempatkan di area pergola. Karena jangkauan tanaman ini juga cukup luas, pas juga untuk dijadikan penghias dinding rumah.

 

Warna bunga tanaman rambat ini juga beragam, ada biru, ungu, merah mawar, merah muda, putih, dan kuning. Tanaman hias ini dapat tumbuh subur dengan syarat mendapatkan cukup cahaya matahari.

 

Sayangnya, Clematis bukanlah tanaman yang berbunga terus. Bunganya hanya muncul pada pertengahan musim panas.

3.        Tanaman Arumdalu

Arumdalu berarti ‘harum saat malam’. Tanaman merambat ini memiliki aroma wangi yang khas, yang hanya muncul pada saat malam hari.

 

Tantangannya adalah, tanaman ini bukanlah jenis yang mudah dirawat. Ia membutuhkan tanah yang kaya unsur hara, pilihannya adalah menggunakan kompos atau tanah humus yang dicampur dengan tanah biasa, dengan perbandingan 1:1.

 

Arumdalu juga membutuhkan penyiraman teratur dan sinar matahari penuh. Selain itu, masih diperlukan pemupukan dan penyiangan agar tak diganggu gulma. Pupuknya bisa menggunakan pupuk NPK untuk bunga.

4.        Tanaman Merambat Dipladenia

Tanaman rambat ini juga cocok ditanam di pagar, karena ia membutuhkan sinar matahari penuh agar sehat. Kelebihan Dipladenia adalah karena ia termasuk tanaman merambat yang berbunga terus sepanjang tahun.

 

Nama lain dari tanaman yang berasal dari Rio de Janeiro ini adalah Mandevilla Red Riding Hood. Bunganya mirip adenium dan warnanya merah menyala. Penanamannya juga cukup mudah karena bisa menggunakan metode stek.

 

Seperti Arumdalu, tumbuhan ini juga perlu pemupukan setiap 30 hari sekali. Pemupukan juga dapat menggunakan pupuk NPK bunga.

5.       Mandevilla

Tanaman hias merambat yang satu ini masih berkerabat dengan Dipladenia. Hanya saja, Mandevilla daunnya lebih lebar dan warna bunganya merah muda.

 

Nama latin tumbuhan ini adalah Mandevilla Sanderi, dan berasal dari Florida, Amerika Serikat. Ciri khasnya adalah tangkai bunga yang menjuntai lemas dan kelopak bunga bertumpuk seperti bunga mawar. Saat cuaca panas, bunga-bunga Mandevilla akan bermunculan.

 

Cara penanamannya adalah dengan menggunakan pot, bisa dari bahan tanah liat maupun plastik. Namun, media tanam Mandevilla perlu diganti rutin agar lebih subur.

6.       Sirih Merah

Daun sirih terkenal sebagai bahan obat tradisional di Indonesia. Ternyata, sirih juga bisa menjadi pilihan tanaman rambat untuk menghias dan peneduh rumah.

 

Sirih merupakan tanaman merambat cepat tumbuh. Sirih merah terkenal di kalangan masyarakat karena khasiatnya bagi kesehatan, kecantikan, sirih juga merupakan antiseptik yang ampuh serta bahan pengawet alami.

Tanaman yang memiliki batang dan tangkai lunak ini memiliki jarak buku sekitar 5-10 cm. Daunnya tunggal, dan berbentuk jantung hati. Permukaan daunnya licin dengan tulang daun berbentuk menyirip.

7.        Melati Irian

Nama lain tumbuhan ini adalah Flame Irian atau kuku macan. Bunganya berwarna merah terang, dan berbentuk seperti kuku kucing besar. Bentuknya juga diasosiasikan dengan lidah api yang menjalar.

 

Tanaman ini bisa digunakan untuk kanopi atau pergola agar rindang. Warna bunga kontras dengan hijaunya daun menjadi daya tarik yang membuat tanaman ini tampak begitu eksotis. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 30 meter.

 

Tanaman ini perlu perawatan dan pemangkasan secara berkala agar tidak merusak dinding. Penyiraman cukup sekedarnya agar tak merusak tanaman.

8.        Tanaman Daun Dolar

Tanaman ini cocok ditempatkan di permukaan kasar seperti dinding atau pagar karena memiliki akar yang sangat kuat. Warna hijaunya membuat rumah terkesan asri, sejuk, serta enak dipandang.

 

Tanaman ini banyak tumbuh di daratan Asia Timur, seperti China, Jepang, dan Vietnam. Karena nilai estetikanya, tumbuhan ini menjadi favorit desainer interior untuk dijadikan hiasan rumah.

 

Untuk perawatannya, kamu perlu menyiram tanaman ini paling banyak dua kali sehari. Siramlah ke sekujur tanaman, tidak hanya pada titik tumbuh. Tujuannya, agar daun senantiasa tampak segar.

9.        Morning Glory

Ciri khas warna bunga yang cerah adalah daya tarik tanaman ini. Cara menanamnya juga mudah. Selama kamu menyediakan ruang untuk ia tumbuh merambat, Morning Glory akan berkembang baik.

 

Meskipun berkerabat dekat dengan ubi jalar, tanaman rambat yang satu ini tidak menghasilkan buah atau bagian tanaman lain yang bisa dimakan, ia hanya berfungsi sebagai penghias.

Bunga tumbuhan ini berbentuk terompet, dengan gradasi warna ungu kebiruan, merah muda, magenta, dan putih. Selain itu, Morning Glory membutuhkan cahaya matahari penuh agar tumbuh sehat.

10.    Alamanda

Warna kuning terang bunga Alamanda akan menghidupkan suasana rumah kamu. Tanaman yang berasal dari Brazil ini tergolong cepat tumbuhnya, serta perawatannya mudah.

 

Tumbuhan yang bernama ilmiah Allamanda Cathartica ini juga termasuk tanaman yang berbunga terus sepanjang tahun, dan memiliki puluhan kuntum bunga. Jika tidak dipangkas, tanaman ini dapat tumbuh hingga 20 kaki.

 

Agar tanaman Alamanda kamu selalu sehat, pastikan kamu rajin memangkasnya, serta menyingkirkan daun yang gugur agar tak membusuk saat menempel pada bagian tanaman yang sehat.

11.    Tanaman Air Mata Pengantin

Tanaman rambat ini sangat mudah tumbuh dan berkembang. Saking gampangnya, ia sering dianggap parasit karena muncul begitu saja tanpa perlu ditanam terlebih dahulu. Meskipun begitu, ternyata tanaman ini bisa menjadi obat herbal untuk diabetes.

 

Bunga dari tanaman air mata pengantin adalah favorit hewan-hewan penyerbuk seperti kupu-kupu dan lebah.

 

Perawatan tanaman ini super mudah karena pada dasarnya tanpa dirawat pun ia dapat tumbuh dengan baik. Namun, kamu tetap perlu pemangkasan agar tanaman ini tak ‘menjajah’ tanaman lain.

12.    Zebrina Pendula

Keunikan tanaman hias ini adalah warna daunnya yang merupakan campuran dari ungu. Hijau, dan putih. Zebrina Pendula biasanya tidak ditanam di tanah, namun diletakkan dalam pot gantung.

 

Tumbuhan yang merambat yang sering disebut juga dengan rumput belang ini juga memiliki manfaat sebagai obat herbal untuk peluruh kencing dan mengatasi bisul.

 

Zebrina Pendula memiliki zat bernama etanol, yang dihasilkan dengan cara mengekstrak daunnya. Etanol inilah yang mampu menghambat pertumbuhan mikroorganisme merugikan, sehingga bermanfaat bagi tubuh manusia.

13.    Pothos Scandens

Pothos Scandens cocok untuk ditanam di rumah yang memiliki lahan luas. Pasalnya, ia mampu tumbuh merambat hingga setinggi 6 meter.

 

Bentuk tumbuhannya menyerupai tanaman Daun Dollar, bahkan akarnya juga mampu mencengkeram erat permukaan yang kasar. Dengan kemampuannya ini, ia bisa bertahan hidup meski tanpa dirawat intensif.

 

Tumbuhan yang juga dikenal sebagai true pothos ini akan tumbuh merambat pada pohon di habitat alam liar.

14.    Bougenville

Pasti sudah banyak yang tahu tentang Bougenville. Tanaman rambat ini memang cukup populer. Bunga tumbuhan ini memiliki kelopak tipis aneka warna, seperti merah muda, kuning, dan putih.

 

Bougenville dikenal mudah dirawat dan cocok dengan iklim tropis Indonesia. Ternyata, ada beberapa jenis Bougenville, seperti afterglow, california gold, gold rush, baby allison, baby lauren, baby victoria, alexandra, coconut ice, barbara karst, bambino majik, dan cherry blossom.

 

Biasanya, Bougenville tumbuh sekitar 1 meter. Namun, di alam liar, dia bisa tumbuh lebih besar lagi.

15.    Soapwort

Soapwort biasanya dimanfaatkan sebagai penutup tanah agar lebih indah. Seperti kebanyakan tanaman rambat lain, Soapwort juga mudah dirawat dan tidak banyak memerlukan perhatian khusus.

 

Sesuai namanya, tanaman ini memang dijadikan bahan baku pembuatan sabun. Bunga-bunga Soapwort berwarna pink, berukuran kecil, dan memiliki harum semerbak yang menyenangkan.

 

Tanaman Soapwort juga bersifat tahan panas dan dapat tumbuh lebat. Untuk memastikan tanaman Soapwort yang kamu miliki tetap sehat, biarkan ia menikmati paparan sinar matahari penuh.

Tumbuh-tumbuhan merupakan solusi tepat untuk peneduh dan meredam hawa panas akibat sengatan matahari, sekaligus sumber oksigen agar nafas kita lebih lega. Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan tumbuhan sebagai ornamen dekorasi dalam dan luar ruangan.

 

Diantara beberapa jenis tumbuhan, tanaman rambat hias bisa menjadi pilihan karena kebanyakan perawatannya mudah, dan cocok untuk menghias pagar, dinding, atau atau digunakan sebagai pemanis untuk kanopi atau pergola.