Widget HTML #1

Cara Menaikkan Emosi Cucak Ijo agar Bongkar Isian

Cara Menaikkan Emosi Cucak Ijo

 

Burung cucak ijo memiliki khas tersendiri entah itu dari kualitas suara, perilaku dan karakternya.

salah satu yang menjadi kelebihan dari cucak ijo adalah, berkicau dengan optimal dengan ciri khas bongkar isian dan terlihat emosi ketika berkicau.

banyak cara yang dilakukan pemilik burung untuk membuat momongannya tersebut berkualitas, salah satu cara yang umum biasa dilakukan untuk membuat cucak ijo mau mengeluarkan emosi dan bongkar isian dengan cara trek dengan cucak ijo betina dan cucak ijo jantan.

Cara Menaikkan Emosi Cucak Ijo agar Bongkar Isian

perawatan yang tepat dan konsisten menjadi hal yang baik untuk membuat cucak ijo mampu mendapatkan kualitas yang seperti di harapkan oleh pemiliknya.

dan untuk yang ingin membuat cucak ijo bongkar isian dan terlihat emosian ketika di trek sebaiknya cucak ijo di rawat dengan memiliki pasangan, bukan perawatan cucak Ijo single fighter. 

1.       Jangan Gebrak sangkar Burung

Ada beberapa kicaumania yang melatih cucak ijo dengan cara menggebrak-gebrak sangkarnya dengan harapan cucak ijo gampang emosian dan cepat panas ketika di trek nantinya.

Lihat Juga : Suara Cucak Ijo Gacor

Akan tetapi cara ini tidak di sarankan, karena setiap burung cucak ijo memiliki karakter yang berbeda-beda, yang justru malah bikin burung malas stres, mentalnya drop dan menjadi burung sangat takut ketika di trek dengan lawannya.

2.       Masteran Cucak Ijo

Pilih Masteran dari burung pelatuk ulam, supaya nantinya cucak ijo ngejambul dan ngetrok saat lomba, karena suara burung ini, mirip seperti burung cililin.

dimana nantinya suara cucak ijo akan menjadi merdu, rapat dan ngerol, serta di bagian ujung suara kicauannya mengeluarkan suara tembakan, mirip seperti burung cililin.

3.       Pancing dengan Betina

supaya emosi cucak ijjo cepat panas, maka bisa dengan melatihnya dengan mendekatkan dengan cucak ijo betina.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Cucak Ijo tak Merespon Saat Melihat Musuh

caranya dengan mendekatkan sangkar cucak ijo jantan dan betina, namun sangkar cucak ijo betina di kerodong, buka kerodongnya sedikit, supaya nanti cucak ijo jantan yang akan melihat dari celah-celah sangkar.

4.       Trek dengan Cucak Ijo Jantan

latih mental cucak ijo jantan dengan cucak ijo jantan lainnya, namun kualitas mental dan suaranya di bawah cucak ijo kamu, dengan begitu supaya cucak ijo jantan kamu yang sedang dilatih tersebut merasa unggul dan mentalnya akan berkembang naik. namun cara ini dilakukan jangan lama-lama, cukup 5 menit.

5.       Ikut Latber/Lomba

setelah dilatih dengan cucak ijo betina dan terlihat ada perkembangan mentalnya, maka selannjutnya kita latih dengan cucak ijo jantan lainnya yang ada di gantangan, supaya mentalnya terlatih dan burung jadi cepat panas atau cepat emosi saat melaihat lawannya.

6.       Berikan Jangkrik Gemuk

setiap hari berikan jangkrik yang berukuran gemuk, 5 ekor pada saar pagi hari sebelum di jemur, kemudian burung di jemur jam 11.00 dan selesai di jemur, cucak ijo di istirahatkan dan pada sore harinya burung di berikan 5 ekor jangkrik gemuk.

7.       Setelan Lomba Cucak Ijo

pada saat perjalanan ke tempat lomba, sebaiknya sangkar burung di krodong sebanyak 2 lapis, karena cucak ijo akan cepat naik emosinya ketika mendengar suara keramaian di perjalanan, sehingga burung bongkar isian, sehingga ketika lomba burung sudah kelelahan atau gembos.

dengan menggunakan 2 lapis krodong, supaya cucak ijo hanya ngeriwik saja.

sebelum naik gantangan burung di goda dengan tangan terlebih dahulu supaya gampang naik emosinya, dan berikan 2 ekor jangkrik.

di hari lomba, sebelum dan sesudah lomba berikan jangkrik 15 ekor dan sedikit kroto supaya memiliki power saat lomba dan cepat pulih powernya pasca lomba.

8.       Berikan Pisang Kepok Matang

untuk pemberian pisang kepok untuk cucak ijo sebaiknya yang sudah matang, karena jika masih agak mentah bisa membuat birahi cucak ijo naik dan terjadilah over birahi.

untuk itu berikan pisang kepok yang sudah matang, agar birahinya stabil, ciri-ciri pisang kepok yang sudah matang teksturnya empuk dan lembut.

Demikianlah tips kali ini yang kami bagikan tentang cara membuat cucak ijo emosi dan bongkar isian dengan perawatan rutin dan konsisten setiap hari yang kami berikan penjelasannya diatas.

Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

 

Post a Comment for "Cara Menaikkan Emosi Cucak Ijo agar Bongkar Isian"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News