Widget HTML #1

Cara Merawat Piyikan/Anakan Cendet Supaya Cepat Besar

cendet piyikan

Musim kawin cendet biasanya terjadi di bulan Februari hingga pertengahan tahun. di masa itu, cendet-cendet anakan biasanya akan berlimpah ruah sehingga Pasar Burung dan forum-forum jual beli online di group-group Facebook juga sangtat ramai. Namun begitu, tak banyak dari mereka yang bias merawat cendet anakan ini dengan bagus. Karenanya, bukan hanya pertumbuhannya yang terhambat namun juga bias mati.

Merawat piyikan cendet tak sama dengan merawat cendet dewasa. Perawatan cendet anakan membutuhkan perhatian yang ekstra, termasuk yang paling utama yaitu masalah asupan. Sebab asupan mempunyai fungsi yang sangat penting untuk pertumbuhan burung piyikan.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara merawat anakan cendet yang bagus dan benar supaya menghindari kematian dan pertumbuhannya pun sangat bagus.

  1. Pakai lampu bohlam 5 watt

bila anakan cendet yang kita miliki masih terlalu kecil di mana masih masih belum ada bulunya atau bulunya belum lengkp, sangat disarankan untuk membagikan lampu bohlam ukuran 5 watt. Hal ini berfungsi selain untuk menghangatkan piyikan burung, juga untuk membagikan sentuhan lembut sebagaimana sentuhan indukannya. Akibatnya, piyikan bukan hanya akan menjadi lebih sehat namun juga akan mendapatkan pertumbuhan yang sangat bagus.

  1. Pakai kardus

bila usia ankan masih sama seperti usia di atas, sebaiknya burung ditaruh dalam kardus. Tujuannya yaitu supaya burung tak terkena angin dan udara yang kurangh bagus dari luar. Selain itu, penghangatan memakai lampu supaya lebih maksimal.

  1. Loloh memakai vor yang lembek

Sudah barang pasti bahwa anakan cendet wajib diloloh dengan vor yang sudah dibasahi memakai air. di burung yang masih sangat kecil, Dosis air mungkin bias diberikan lebih banyak supaya lebih encer sehingga lebih mudah Ditenggak dan dicerna. Namun semakin bertambah usianya, Dosis air Bisa dikurangi supaya lebih cepat makan vor kering.

  1. Berikan kroto

Kroto untuk piyikan burung apapun, termasuk cendet, yaitu hal yang sangat Absolut untuk diberikan. Sebab, kroto ini kaya akan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan burung. Karenanya, dalam setiap adonan pakan lolohan, jangan lupa untuk mengoplosnya dengan kroto. Dan yang pasti, usahakan Dosis kroto diperbanyak supaya burung lebih bertenaga sebagaimana diloloh indukannya.

  1. Berikan jangkrik

Anakan cendet juga wajib diberikan jangkrik. Namun tak semua bagian dari jangkrik boleh diberikan di akan cendet. Bagian perut yaitu bagian penting yang boleh diberikan sebab bagian kepala sangat keras untuk ukuran percernaan cendet anakan. Karenanya, sebelum kita membagikan di anakan cendet, buangkalh kaki dan kepalanya. Adapun pemberiannya Bisa diberikan setelah pemberian pakan lolohan.

Selama kita merawat cendet anakan ini, pastikan pakan Hayati (jangkrik, walang, dan kroto) yang banyak mengandung nutrisi dan protein wajib diberikan lebih banyak supaya kesehatan dan pertumbuhan anakan cendet tetap terjaga. Sebab bila kita hanya mengandalkan asupan vor, itu tak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung anakan. Karenanya, EF wajib diberikan lebih banyak dari vor.

 

Post a Comment for "Cara Merawat Piyikan/Anakan Cendet Supaya Cepat Besar"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News