Widget HTML #1

Cara Mengatasi Ciblek yang Suka Mengacak-acak Pakan


Memelihara Burung Ciblek memang menyenangkan. Tapi, ada kalanya sifat dan tingkah laku burung membuat sangat pemilik geram. Mengacak-acak pakan salah satunya. Keadaan ini memang tidak berbahaya, apalagi mengganggu kesehatan dan kualitas dari burung itu sendiri. Namun hal yang harus diperhatikan adalah kesabaran dari sang pemilik.

Beberapa jenis burung memang suka makan dengan porsi yang banyak, bahkan kecenderung rakus. Jika sudah begini, maka kondisi pakan pun bisa saja diacak-acak olehnya. Namun hal ini bukanlah masalah, karena mengatasi Ciblek yang suka mengacak-acak pakan juga tidak terlalu sulit, jadi bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tips Mengatasi Ciblek yang Suka Mengacak-acak Pakan


Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi burung yang gemar mengacak-acak pakan:

1.      Kurangi sedikit asupan pakan



Beberapa burung mungkin akan rakus jika melihat kondisi pakan yang banyak, apalagi jika pakan tersebut murapakan pakan Voer yang melimpah. Untuk itu, hindarilah memberikan pakan yang berlebihan. Namun jika burung sudah terlanjur memiliki sifat rakus, kurangi asupan pakannya secara perlahan sampai burung bersikap normal.

2.      Berikan karpet sebagai alas makan burung



Dengan memberikan karpet di bawah tempat makan burung, Anda akan dengan mudah untuk membersihkan dan merawat kebersihan sangkar. Cara mengatasi Burung Ciblek yang suka mengacak-acak pakan ini pun bisa dilakukan oleh siapa pun. Pasalnya, cara ini sendiri terbilang mudah. Yaitu cukup memberikan alas pada tempat makan burung. Setelah burung selesai makan, Anda cukup angkat dan bersihkan sisa pakan burung yang tercecer di alas dan sekitarnya.

3.      Memberi tutup pada cepuk



Jika cara di atas tidak kunjung membuat burung menghilangkan sikap rakusnya, maka Anda harus berikan Ia tutup cepuk. Untuk mendapakan tutup dan cepuk seperti ini, Anda bisa membelinya di toko burung terdekat. Cara ini sendiri dinilai efektif karena bisa mengerem sikap rakus yang dimiliki oleh burung. Yaitu dengan membiarkan burung makan dari lubang yang tersedia di atas tutup tanpa harus mengacak-acak pakan tersebut.

Itulah 3 cara ampuh mengatasi Ciblek yang suka mengacak-acak pakan. Anda bisa menggunakan cara-cara di atas untuk mengatasi sikap burung yang rakus. Tapi jangan pernah lakukan cara ini pada burung yang punya nafsu makan normal, Karena bisa berakibat pada penurunan nafsu makan burung.

 

Post a Comment for "Cara Mengatasi Ciblek yang Suka Mengacak-acak Pakan"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News