Widget HTML #1

Settingan Jebol Birahi Lovebird Jantan Dewasa untuk Lomba


Tidak mudah mengkondisikan lovebird agar selalu siap lomba, apalagi si pemilik harus faham betul bagaimana cara mengatur birahi momongannya agar tetap stabil. Penampilan lovebird memang akan lebih maksimal jika didukung dengan birahi yang stabil, begitu pun sebaliknya.

Keberhasilan kicaumania membawa lovebird rawatannya menjadi burung jawara tidak terlepas dari pengaturan pola rawatan harian yang didukung dengan kesabaran serta kejelian dalam mengkondisikan gaconya agar bisa tampil maksimal.

Salah satu faktor yang paling menentukan performa lovebird di lapangan adalah kestabilan birahinya. Faktor birahi inilah yang harus diperhatikan oleh kicaumania, khususnya jika ingin gaconya bermain cantik di gantangan.

Umumnya lovebird yang paling banyak dilombakan adalah yang berjenis kelamin betina, namun demikian tidak berarti bahwa burung jantan tidak bisa ikut bertanding. Faktanya, banyak lovebird jantan yang sukses menjadi burung jawara.

Berbeda dengan burung betina, lovebird jantan dikenal lambat panas / naik birahinya sehingga pengaturan settingannya pun kadang berbeda dengan burung betina yang gampang naik birahinya.

Pengaturan settingan yang tepat dapat mendongkrak birahi lovebird jantan agar bisa tampil lebih maksimal saat di gantangan. Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah teknik jebol birahi, yaitu teknik mendongkrak birahi lovebird jantan terutama yang sudah berumur dewasa agar siap lomba.

Berikut beberapa tips dan settingan jebol birahi lovebird jantan dewasa agar siap lomba:

  1. Untuk menyiapkannya agar siap lomba, maka pastikan burung tersebut memang berjenis kelamin jantan, dewasa, dan sudah dalam kondisi rajin bunyi / aktif.
  2. Perawatan harian dilakukan dengan metode untulan, yaitu memberikan lovebird jantan tersebut burung betina sebagai pasangannya. Untuk memudahkan proses penjodohan untuk burung untulan, silakan simak lagi cara-caranya di sini.
  3. Tempatkan lovebird jantan dan betina dalam satu kandang bersama tanpa menggunakan glodok / tempat sarang. Hal ini bisa menjadikan burung jantan lebih terjaga kondisi birahinya.
  4. Lakukan pemasteran rutin dengan karakter vokal yang disesuaikan. Pemasteran bertujuan menambah variasi suara lovebird sekaligus untuk memancingnya lebih rajin ngekek dengan durasi panjang.

Perawatan harian dengan menggunakan metode untulan dapat membantu mendongkrak birahi burung jantan dewasa, namun tidak membuatnya over birahi.

Adapun settingan untuk menyiapkan lovebird jantan dewasa ke lomba adalah sebagai berikut:

  1. Pengaturan rawatan dimulai sejak 3 hari sebelum lomba atau H-3, pada saat itu lovebird jantan dipisahkan dari untulannya, dan ditempatkan dalam sangkar khusus lomba.
  2. Sekitar pukul 05:00 pagi, lovebird jantan dikeluarkan dari dalam ruangan / rumah untuk diembunkan. Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup, kemudian diangin-anginkan sebentar sebelum dijemur. Proses penjemuran berlangsung selama 15 s/d 30 menit saja.
  3. Selesai penjemuran, burung diberikan full kerodong lalu diletakkan di tempat sejuk dan tersendiri tanpa ada suara lovebird lainnya di dalam ruangan / rumah.
  4. Pukul 16:00 sore, lovebird dikeluarkan untuk diangin-anginkan, kemudian diberikan semprotan halus pada bagian dada, sayap, dan perutnya.
  5. Setelah diangin-anginkan selama 5 s/d 10 menit, lovebird kembali diberikan full kerodong dan disimpan kembail di dalam ruangan / rumah.

Settingan pada hari H lomba

  • Lovebird diembunkan mulai pukl 04:30pagi. Setelah matahari terbit, segera mandikan lovebird dengan cara disemprot kemudian diangin-anginkan sampai  bulu mengering.
  • Berikan lovebird jantan dengan  multivitamin yang diracik khusus untuk mendongkrak stamina dan daya tahan burung lovebird.
  • Setelah itu, lovebird dikerodong sebelum dibawa ke arena lomba.

Demikian tips dan settingan jebol birahi lovebird jantan dewasa agar siap lomba.

Semoga bermanfaat

 

Post a Comment for "Settingan Jebol Birahi Lovebird Jantan Dewasa untuk Lomba"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News