Widget HTML #1

Manfaat Bata Merah untuk Lovebird Sebagai Pengganti Tulang Sotong

manfaat bata merah untuk lovebird

Pada dasarnya, semua jenis burung pemakan biji akan membutuhkan grit atau asinan untuk membantu mencerna makanan yang dikonsumsinya. Ketika bahan untuk asinan tersebut sulit diperoleh, lovebird mania bisa memberikan bata merah sebagai penggantinya. Apa sajakah manfaat bata merah untuk lovebird?

Sebagian besar lovebird mania akan memberikan tulang sotong untuk asinan burung kesayangannya. Namun begitu, pemberian tulang sotong untuk lovebird hingga kini masih menjadi perdebatan di kalangan kicaumania.

Walaupun memiliki kandungan kalsium yang tinggi, namun tulang sotong banyak mengandung garam, sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan burung yang terlalu sering mengonsumsinya.

Itu pula sebabnya, banyak lovebird mania yang akan mencari bahan alternatif sebagai pengganti tulang sotong untuk momongannya, salah satunya adalah memanfaatkan bata merah. Selain mudah didapatkan dan gratis, bata merah ternyata juga mempunyai beragam manfaat yang baik untuk lovebird.

1.      Melancarkan pencernaan 

Tak jarang, lovebird akan memakan langsung pakan biji-bijiannya tanpa lebih dahulu dikupas kulitnya. Hal ini tentu akan membuat biji menjadi sulit dicerna sehingga akan dibuang kembali melalui kotorannya.

Namun jika burung mengonsumsi tumbukan bata merah yang disimpan dalam cepuk terpisah, maka bata merah tersebut akan membantu menghancurkan pakan yang masih utuh, menjadi lebih mudah dicerna. Hal ini tentu baik bagi burung, karena kebutuhan nutrisi yang berasal dari biji-bijiannya akan terpenuhi.

2.      Sumber kalsium 

Tak ubahnya tulang sotong, bata merah juga mengandung mineral baik, yaitu kalsium. Lovebird yang tercukupi kebutuhan kalsiumnya tentu akan tumbuh lebih sehat, dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh defisiensi kalsium seperti paruh gajah atau bulu yang mudah rusak.

Kebutuhan kalsium akan lebih sering terjadi saat burung akan berkembang biak, misalnya saat lovebird akan diternak / ditangkarkan. Dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium tersebut, maka indukan akan dapat menghasilkan telur dan anakan yang sehat.

Meski begitu, manfaat bata merah sebagai pengganti tulang sotong untuk lovebird tentu tidak akan terjadi jika burung tidak mendapatkan asupan pakan yang tepat. Dengan pakan yang baik kualitasnya, maka lovebird akan jadi lebih aktif, sehat, dan penuh energi setiap hari.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Manfaat Bata Merah untuk Lovebird Sebagai Pengganti Tulang Sotong"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News