Widget HTML #1

5 Penyebab Bulu Kacer Rontok

bulu kacer rusak

Penampilan kacer yang dimana bulunya rontok merupakan suatu kondisi nilai burung itu menjadi menurun, seperti harga jual rendah, penampilan fisik menjadi kurang enak di lihat dan paling penting ada beberapa kesehatan yang terganggu yang harus di tangani segera agar tidak mendatangkan kerusakan yang lebih buruk lagi.

Anda tentu tidak ingin bukan menjual Kacer dengan harga yang murah hanya karena bulunya jelek? Untuk itu, sedini mugkin Anda harus merawat dan menjaga kondisi bulu Kacer kesayangan Anda. Di samping mempercantik Kacer, bulu yng terawat juga akan membuat Kacer tersebut terkesan sehat dan terawat.

Tapi, jika kita berbicara mengenai kerusakan bulu, sebenarnya apa sih penyebab kerusakan bulu pada Kacer? Untuk tahu jawabanya, yuk kita simak materi di bawah ini.

Penyebab Utama Kerusakan Bulu Pada Kacer

Selai karena faktor penyakit, kerusakan ini juga bisa disebabkan karena kesalahan pemilik Kacer itu sendiri. Terutama kesalahan dalam hal perawatan dan pemberian pakan Kacer yang salah. Namun di samping itu semua, penyebab lain dari masalah ini adalah ini adalah kondisi sangkar atau kandang yang tidak sesuai.

Lihat Juga : Cara Memaster Kacer

Lalu, kenapa hal-hal di atas menyebabkan kerusakan pada bulu-bulu Kacer? Berikut jawabanya:

1.      Faktor penyakit

Penyakit Kacer memang jarang menyerang bulu-bulu Kacer. Akan tetapi, tidak sedikit pula penyakit yang membuat bulu-bulu Kacer menjadi kusut, kusam, dan tidak terawat. Hal ini sendiri adalah karena dampak dari penyakit itu sendiri, atau yang biasa kita sebut sebagai efek samping dari sebuah penyakit Kacer.

2.      Stres

Selain penyakit, penyebab lain yang bulu Kacer menjadi rusak adalah karena over stres yang sedang dialami oleh Kacer itu sendiri.

Baca Juga: Ciri-ciri Kacer Sakit

3.      Malagizi

Malagizi atau kekurangan gizi adalah penyebab lain kerusakan bulu pada Kacer. Layaknya manusia, saat mereka kekurangan keratin rambut, maka rambut mereka pun akan rusak. Bagitu pun dengan Kacer. Sedangkan untuk menjaga asupan keratin tersebut, seekor Kacer membutuhkan gizi yang cukup, terutama gizi dalam bentuk protein.

4.      Perawatan yang salah

Hal ini juga menjadi salah satu sebab mengapa seekor Kacer mengalami kerusakan bulu. Untuk itu, sebagai tindakan pencegahan, sebaiknya lakukan perawatan Kacer dengan sebaik mungkin.

5.      Kandang yang tidak sesuai

Kandang yang tidak sesuai di sini diartikan sebagai kandang yang terlalu sempit. Jika kandang tersebut terlalu sempit, maka bulu Kacer bisa saja rusak karena gesekan dari ruji sangkar.

Itulah beberapa penyebab kerusakan bulu-bulu Kacer yang umumnya terjadi. Dengan mengetahui penyebab-penyebab di atas, Anda diharapkan mampu melakukan tindakan pencegahannya.

Disamping itu, Anda pun harus menjaga asupan gizi dan perawatan Kacer. Anda tentu tidak ingin bukan memiliki Kacer yang bulunya rusak karena kesalahan Anda sendiri? Untuk itu, lakukanlah perawatan dan pemberian paka sebaik-baiknya.

 

Post a Comment for "5 Penyebab Bulu Kacer Rontok"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News