Widget HTML #1

Settingan Lovebird Jantan Gestang untuk Lomba

Gestang atau gesek tangkringan adalah perilaku unik yang kerap dijumpai pada lovebird yang berjenis kelamin jantan. Biasanya hal ini dipicu oleh birahi yang sudah lama tidak tersalurkan, sehingga burung memilih cara lain sebagai pelampiasannya.

Bagi sebagian lovebird mania, kondisi gestang tersebut tidak dianggap sebagai masalah selama burung masih mau jalan di arena lomba. Namun untuk mendapatkan burung yang tampil stabil di gantangan, tentu membutuhkan penanganan yang perawatan yang benar-benar tepat.

Settingan lovebird jantan gestang untuk lomba

Untuk meredam kebiasaan gestangnya ketika burung akan dilombakan, maka pemiliknya harus menyediakan pasangan atau untulan. Ketika mendapatkan pasangan yang benar-benar cocok, saat itulah penampilannya akan tambah maksimal sewaktu dilombakan.

Adapun kendala yang muncul saat pemilihan pasangan adalah mencari burung yang mau berjodoh sehingga dibutuhkan waktu dan kesabaran ekstra dari orang yang merawatnya. Setelah mendapatkan pasangan yang tepat, lovebird ditempatkan dalam kandang kotak dengan atau tanpa glodok.

Settingan harian 

  1. Satu jam sebelum matahari terbit, burung diembunkan.
  2. Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara semprot basah atau menggunakan bak/cepuk .
  3. Pada saat akan dijemur, burung dipindahkan ke dalam sangkar bulat untuk memudahkan proses penjemurannya. Penjemuran dilakukan dengan settingan kencang, yaitu sampai pukul 10:30 – 11:30.
  4. Selesai dijemur, burung diangin-anginkan sebentar lalu dikembalikan ke dalam kandang kotak untuk disatukan bersama pasangan / untulannya. Biasanya setelah dijemur lama, lovebird akan langsung mengawini pasangannya itu atau buang birahi.
  5. Untuk asupan pakan biji-bijiannya menggunakan milet racikan
  6. Adapun untuk pakan tambahan diberikan jagung dan bayam secara berselang-seling.
  7. Siapkan juga multivitamin untuk menjaga stamina dan daya tahan lovebird gaco dan untulannya.

Demikian tips dan settingan lovebird jantan gestang untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Settingan Lovebird Jantan Gestang untuk Lomba"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News