Widget HTML #1

Mencetak lovebird konslet Anakan/Paud Sejak Dini

Lovebird yang ngekek dengan gaya konslet menjadi idaman banyak penggemarnya. Siapa sangka, burung yang mampu ngekek unik tersebut ternyata bisa dihargai lebih tinggi. Itu sebabnya, banyak penghobi lovebird yang kini berlomba-lomba menjadikan burung rawatannya cepat konslet.

Mencetak lovebird konslet dapat dilakukan sejak dini atau sejak burung berusia muda. Hal ini lantaran burung muda cenderung mudah meniru dan bisa dilatih sesuai keinginan pemiliknya, termasuk ngekek dengan gaya unik.

Tapi terkadang, sifat lovebird muda yang cenderung banyak tingkah itu bisa menjadikan pelatihannya jadi cukup menyulitkan. Selain dipengaruhi oleh faktor karakter dan genetika, mencetak lovebird konslet juga bisa dilakukan dengan serangkaian pelatihan dan perawatan rutin.

Untuk itu, berbekal pengalaman dari para lovebird mania, berikut ini adalah tips mencetak lovebird konslet sejak dini.

1.      Pemilihan bahan konslet

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pilihlah lovebird yang sudah memiliki ciri-ciri konslet, misalnya serng bunyi atau ngeriwik sembari memejamkan mata ataupun perilaku nyeleneh lainnya, seperti bunyi sambil malas-malasan dsb.

Selain itu, pastikan juga lovebird yang dipilih sudah memiliki ciri-ciri burung prospek sebagaimana disebutkan dalam tulisan di sini.

2.      Melatih latah 

Salah satu cara yang dapat membantu jadikan lovebird cepat konslet dan ngekek panjang adalah melatihnya latah. Hal ini bertujuan agar burung bisa cepat merespon sehingga ia langsung mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang.

Untuk menjadikan lovebird latah maka pelatihannya harus sering dilakukan, terutama jika burung tersebut masih berusia muda. Cara yang paling umum melatih latah adalah memancing suara ngekeknya dengan bunyi-bunyian.

3.      Mengatur pola pakan 

Berikan pakan yang tepat kandungan gizi dan nutrisinya, karena pengaturan pola pakan ini menjadi faktor penting dalam mencetak lovebird konslet sejak dini. Untuk jenis pakan yang diberikan adalah milet putih.

4.      Memberikan tenggeran yang nyaman 

Tahukah anda? Bentuk dan jenis tenggeran ternyata juga dapat mempengaruhi perilaku lovebird di dalam sangkar. Jika tenggeran dirasa kurang nyaman, maka burung tidak akan betah berdiam lama-lama di atas tenggerannya. Namun jika tenggerannya tepat, maka lovebird pun akan merasa nyaman berbunyi di atas tenggerannya. Hal ini pula yang kemudian memicu perilaku konslet saat berbunyi.

5.      Menambahkan multivitamin 

Perawatan pendukung yang dapat menjadikan lovebird cepat konslet adalah menambahkan suplemen multivitamin yang tepat. Pemberian multivitamin ini sangat dibutuhkan mengingat kebutuhan vitamin dan mineral lovebird tidak sepenuhnya didapatkan dari pakan harian dan tambahannya.

Untuk mencetak lovebird konslet sejak dini, maka pemberian suplemen tersebut harus dilakukan secara teratur. Vitamin yang cocok dan tepat diberikan untuk melatih lovebird cepat konslet. Vitamin juga bisa diberikan dengan cara diteteskan sebanyak 2-3 tetes langsung pada paruhnya setiap pagi.

Itulah beberapa tips mencetak lovebird konslet sejak dini.

Semoga bermanfaat

 

Post a Comment for "Mencetak lovebird konslet Anakan/Paud Sejak Dini"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News