Widget HTML #1

Inilah Penyebab Lovebird Mendadak Galak

lovebird galak

Kebiasaan lovebird yang suka mengejar dan mau menggigit sangat sering dijumpai pada burung yang masih muda dan terlalu jinak. Jika terjadi pada burung rumahan tentu tidak akan mengganggu penampilannya, tapi lain halnya kalau perilaku ini muncul pada burung yang kerap dilombakan. Sebelum melakukan solusi mengatasinya, simak dulu apa saja penyebab mengapa lovebird berubah perilaku jadi galak berikut ini.

Banyak kasus dimana burung lovebird yang biasanya berpenampilan tenang, mendadak berubah jadi galak. Bahkan tak jarang, perilaku membuat sebagian pemilik burung resah, karena burung rawatanna itu jadi malas berbunyi.

Jika perilaku ini terjadi pada burung lovebird yang kerap dilombakan, maka penampilannya akan menurun. Lovebird yang biasanya rajin mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang akan cenderung lebih banyak gerak merayap ketimbang ngekek di gantangan.

Memberikan perawatan yang teratur bisa mengurangi perilaku galak pada burung lovebird, sehingga burung bisa kembali beraksi di arena lomba dan mengeluarkan suara ngekek panjangnya.

Namun sebelum melalukan perawatan untuk mengatasi lovebird yang galak tersebut, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengenali penyebab mengapa burung bisa berubah perilaku menjadi galak.

Secara umum, ada beberapa penyebab lovebird berubah menjadi galak. Berikut beberapa di antaranya:

1.       Lovebird terlalu jinak 

Lovebird yang dirawat sejak lolohan akan cenderung menjadi terlalu jinak, termasuk juga ketika si pemilik selalu berinteraksi dengan burung rawatannya. Pada saat membuka pintu sangkar atau memasukkan tangan ke dalam sangkarnya, maka burung akan langsung mengejar dan bergerak seperti mau menggigit.

2.       Burung yang over birahi

Over birahi atau OB sering terjadi jika burung terlalu berlebihan mengkonsumsi pakan tambahannya seperti jagung dan biji bunga matahari (kuaci). Selain itu, penjemuran yang terllu lama pun bisa menjadikan burung gampang naik birahinya.

3.       Sering digoda dengan tangan 

Lovebird yang sering digoda dengan tangan pun akan cenderung menunjukkan perilaku galak karena sudah menjadi kebiasaannya. Burung akan berusaha mengejar tangan ketika si pemilik sedang mengganti air minum maupun pakannya.

4.       Lovebird yang sedang sakit 

Burung yang sedang sakit pun akan cenderung menunjukkan perilaku galak, khususnya karena sedang tidak mau diganggu atau sedang proses memulihkan dirinya sendiri.

5.       Burung yang kekurangan makanan 

Lovebird yang alami kekurangan makanan atau air minum juga bisa menunjukkan perilaku galak tersebut. Burung akan cenderung gelisah, dan tidak mau diam serta berusaha mengejar-ngejar pemiliknya untuk meminta makanan.

Semoga bermanfaat

 

Post a Comment for "Inilah Penyebab Lovebird Mendadak Galak"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News