Widget HTML #1

Cara Merawat Burung Samyong Rajin Bunyi

Samyong adalah burung endemik di Nusa Tenggara Barat. Di tempat asalnya, burung ini dijuluki Garugiwa dan terkenal dengan suaranya yang kencang dan bervariasi. Berikut tips agar burung samyong rajin bunyi.

Terdapat dua jenis samyong yang berhabitat di kawasan timur Indonesia yaitu samyong Flores (Pachycephala nudigula nudigula) dan samyong Sumbawa (Pachycephala nudigula ilsa). Perbedaan dari keduanya adalah warna bulu pada bagian tubuh dan perutnya.

Cara Merawat Burung Samyong Rajin Bunyi

Bagi kicaumania, burung samyong memiliki suara kicauan yang sangat lantang dengan lagu-lagu yang penuh variasi. Akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika memelihara burung samyong yang mampu membawakan lagu-lagu seperti di alam aslinya.

Nah, berikut beberapa tips agar samyong rajin bunyi:

  • Lakukan pengembunan secara rutin, usahakan agar saat pengembunan burung digantungkan pada posisi yang lebih tinggi dari burung piaraan lainnya. Berikan satu sendok kroto sebagai makanan tambahannya.

Setelah matahari terbit, segera mandikan burung dengan cara disemprot atau menggunakan karamba mandinya.

  • Saat burung samyong dimandikan, bersihkan sangkar dan perlengkapannya dari kotoran maupun sisa-sisa makanan yang berserakan. Jika dibutuhkan, bersihkan sangkarnya menggunakan cairan desinfektan.
  • Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar sambil diberikan 3-5 ekor jangkrik, dan 3 ekor ulat hongkong.
  • Jemur burung di tempat yang terkena sinar matahari langsung selama 30 s/d 60 menit. Setelah itu, pindahkan ke tempat teduh
  • Berikan air minum yang sudah ditetesi suplemen vitamin . Vitamin sangat membantu dalam menjaga kondisi dan meningkatkan stamina dan mentalnya. Selain itu juga dapat menjadikan burung lebih rajin berbunyi.
  • Lakukan pemasteran untuk menambah variasi suara kicauannya, sekaligus juga menjadikan burung semakin rajin berbunyi.
  • Pada malam harinya, burung diberikan full kerodong sampai besok pagi.

Demikian tips agar burung samyong rajin bunyi.

Semoga Bermanfaat

 

Post a Comment for "Cara Merawat Burung Samyong Rajin Bunyi"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News