Widget HTML #1

Tips Mengatasi Lovebird Sering Gigit Kuku dan Jari

lovebird suka gigit kaki

Tips Mengatasi Lovebird Sering Gigit Kuku dan Jari -  Meski bukan perilaku yang perlu dicemaskan, namun burung lovebird yang kerap menggigit kuku dan jari harus segera ditangani sebelum melukai dirinya sendiri. Ada banyak penyebab lovebird berperilaku demikian. Untuk mengatasinya, simak cara-caranya berikut ini.

Ada beberapa penyebab lovebird sering gigit jari dan kuku, di antara yang paling umum adalah sebagai berikut:


  • Burung terlalu stres karena dirawat sendirian tanpa pasangan dalam waktu yang lama.
  • Kaki-kaki burung yang terinfeksi jamur atau bakteri.
  • Terdapat luka di kaki lovebird tersebut.
  • Dipicu oleh kondisi birahi yang tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah lovebird yang sering gigit jari dan kuku tersebut, maka beberapa tindakan berikut ini bisa diterapkan sesuai apa yang menjadi penyebab utamanya.

Jika sering gigit jari dan kuku karena burung dihinggapi rasa bosan

Lovebird adalah jenis burung yang hidup dengan cara berkoloni. Mereka akan menjadi lebih aktif dan ramai saat berkumpul dengan pasangan maupun sesama jenisnya. Jika lovebird terlalu lama dipelihara sendirian di rumah, maka bisa memicu stres yang mengakibatkan burung berperilaku cabut bulu, gesek tangkringan, hingga sering gigit jari dan kukunya.

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan memberikan teman atau pasangan pada burung lovebird tersebut.

Lovebird alami infeksi pada kaki

Infeksi jamur dan bakteri bisa memicu perilaku lovebird sering gigit jari dan kukunya. Hal ini terjadi sebagai dampak dari kebiasaan yang dilakukan burung tersebut.

Kaki yang terinfeksi jamur atau bakteri dapat memicu rasa gatal sehingga untuk memberikan rasa nyaman di area yang gatal tersebut, burung lovebird akan jadi sering menggigit kakinya terutama kuku dan jarinya.

Bahkan tak jarang, perilaku ini akan dilakukannya sambil berguling-guling di dasar sangkar tak peduli pemiliknya memperhatikan dengan muka yang sangat cemas.

Untuk mengatasi infeksi pada kaki lovebird tentu harus menggunakan obat-obatan yang tepat. Gunakan salep khusus burung peliharaan yang dapat mengatasi masalah jamur, tungau, dan bakteri yang menyerang kulit dan kaki-kaki burung.

Selain karena infeksi, lovebird yang sering gigit kuku dan jari bisa juga disebabkan oleh luka yang terjadi pada kakinya.

Gigit kuku dan jari karena birahi

Ketika burung lovebird alami over birahi (OB) maka hal ini bisa memicu perilaku burung untuk menyakiti dirinya sendiri, mulai dari cabut bulu hingga menggigit kaki, kuku maupun jarinya. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan perawatan yang dapat mengurangi sifat birahinya seperti dalam artikel berikut ini:

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi lovebird yang kerap gigit jari dan kukunya.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Tips Mengatasi Lovebird Sering Gigit Kuku dan Jari"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News