Widget HTML #1

Cara Mengatasi Jalak Suren Jinak yang Berubah Jadi Liar

Cara Mengatasi Jalak Suren Jinak yang Berubah Jadi Liar

Sering terjadi burung jalak suren yang sudah jinak mendadak berubah perilaku menjadi liar dan sangat ketakutan saat didekati pemiliknya. Apa yang menyebabkan hal ini, mengapa burung bisa mudah berubah perilakunya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Ada banyak faktor penyebab burung yang sebelumnya jinak berubah jadi liar atau giras, di antaranya yang paling umum adalah:

  • Burung yang jarang mendapatkan perhatian atau pemilik yang kurang / tidak pernah melakukan interaksi dengan burung rawatannya itu dalam waktu yang lama.
  • Pola rawatan yang cenderung berubah-ubah atau tidak konsisten, atau hanya ingin mengikuti tren rawatan saja.
  • Burung sering didoping sehingga mengacaukan metabolismenya.
  • Trauma karena peristiwa tertentu seperti sangkar jatuh, burung yang tertangkap kembali sehabis lepas, trauma setelah diserang hewan lain, atau karena burung sering ditangkap tangan atau sering diganggu.

Permasalahan yang muncul ketika burung yang sudah jinak berubah jadi liar adalah pemiliknya akan kesulitan saat merawatnya, termasuk saat memberinya makanan maupun mengganti air minumnya dengan yang baru. Selain itu, resiko macet bunyi pun bisa saja terjadi jika kondisi ini tidak segera ditangani.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengatasi masalah ini adalah tidak panik, tetapi cukup ikuti saja panduan perawatannya berikut ini:

  1. Berikan multivitamin setiap pagi untuk mencegah dan mengatasi stres pada burung peliharaan, termasuk jalak suren yang berubah jadi liar / giras. Selain itu, Sup Plus Bird juga memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya, sehingga sangat cocok diberikan sebagai pendukung terapi pemulihannya.
  2. Letakkan sangkarnya di tempat tenang dan jauh dari gangguan selama 1 minggu penuh atau lebih jika dibutuhkan, sampai kondisi burung telah kembali normal.
  3. Selama terapi, burung dibiarkan makan seadanya saja atau tidak dibuat kenyang. Pakan dicabut pada waktu-waktu tertentu saja, sebelum kembali dimasukkan. Misalnya setiap pukul 08:00 s/d 10:00 burung tidak diberi makanan, setiap kali burung merasa lapar maka kita akan langsung memberikan makanan melalui tangan.
  4. Siang harinya, cepuk pakan kembali dimasukkan s/d puku 13:00, setelah itu cepuk kembali diangkat sampai sore harinya dan dilanjutkan lagi pemberian pakan dengan tangan.
  5. Lakukan terapi dengan penuh kesabaran dan ketelatenan, sampai kondisi jalak suren kembali pulih seperti sedia kala. Setelah kondisinya mulai pulih, pindahkan burung ke tempat gantangan biasanya, lalu perawatannya bisa dilakukan seperti biasa.

Demikian tips mengatasi jalak suren jinak yang berubah jadi liar.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Mengatasi Jalak Suren Jinak yang Berubah Jadi Liar"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News