Widget HTML #1

Suara Murai Batu Ngeban ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

suara murai batu ngeban

Suara Murai Batu Ngeban - Walaupun murai batu mempunyai kemampuan untuk menirukan suara dengan sangat baik, tapi tak sedikit kicau mania yang mengeluh kalau burung yang dirawatnya itu cenderung bersuara ngeban saja alias berulang-ulang. Untuk mengetahui apa penyebab murai batu bersuara ngeban, simak penyebab dan cara mengatasi suara murai batu ngeban berikut ini.

Burung murai batu terkenal dengan kemampuan berkicaunya yang sangat mumpuni. Tak heran kalau banyak kicau mania di dalam negeri yang kepincut untuk memeliharanya. Tidak hanya bersuara lantang saja, tapi murai batu juga diketahui pandai menirukan suara kicauan burung lainnya. Hal ini pun menjadikan murai batu mempunyai suara kicauan yang sangat bervariasi.

Akan tetapi, banyak kicaumania yang mengeluh kalau burung murai batu rawatannya tidak mau mengeluarkan suara yang bervariasi. Sepanjang harinya, burung mereka cenderung bersuara ngeban-ngeban saja atau suara kicauan yang berulang-ulang.

Meski tidak mengganggu penampilan, namun suara ngeban pada burung murai batu kadang bisa mempengaruhi penilaiannya saat dilombakan. Murai batu yang bersuara variasi, apalagi disertai lagu-lagu yang penuh tembakan hingga kini masih menjadi idola di lapangan.

Lihat Juga : Download Suara Murai Batu Full Isian Mp3

Secara umum, suara ngeban pada burung murai batu biasanya disebabkan karena burung tersebut yang mempunyai repertoar yang kecil. Namun selain hal tersebut, murai batu yang bersuara ngeban bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti berikut ini:

  • Selama dirawat, burung murai batu jarang mendapatkan suara masteran,
  • Burung yang tidak berada dalam kondisi birahi yang cukup / kurang birahi,
  • Selalu ditempel dengan murai batu lain yang bersuara alami / suara hutan,
  • Burung yang sedang kurang fit juga akan cenderung bersuara ngeban.

Untuk mengatasi masalah burung murai batu yang bersuara ngeban tersebut, maka perlu melalukan pelatihan rutin setiap harinya, mulari dari pemasteran dengan suara kicauan burung yang bervariasi, memutarkan suara terapi alam, memberikan pakan tambahan dalam jumlah yang cukup, pengembunan teratur, dan rutin melatih burung di kandang umbaran.

Itulah tips mengenai penyebab dan cara mengatasi murai batu yang bersuara ngeban saja.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Suara Murai Batu Ngeban ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News