Widget HTML #1

Cara Mengatasi Suara Cendet Mengecil Setelah Mabung

Cara Mengatasi Suara Cendet Mengecil Setelah Mabung

Pada umumnya burung yang baru menyelesaikan masa mabungnya akan mempunyai penampilan yang lebih bagus dari sebelumnya. Namun tak jarang, ada juga beberapa burung yang setelah mabung malah memiliki suara yang mengecil, salah satunya adalah cendet. Nah, berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Mabung bagi burung adalah waktunya cuti dari segala aktivitas yang menguras energi, termasuk berkicau. Pada masa inilah, burung lebih memfokuskan dirinya pada tahap-tahap mabung mulai dari peluruhan bulu hingga tumbuhnya bulu-bulu baru.

Oleh karena itu, baik itu burung yang biasa dipelihara sebagai rumahan, masteran, maupun lomba ketika memasuki masa mabung, maka perawatan yang diterapkan haruslah yang sesuai dengan kebutuhannya. Dengan perawatan mabung yang tepat tersebut, maka burung akan dapat menyelesaikan mabung tanpa masalah.

Jika burung tidak mendapatkan penanganan yang tepat semasa mabung, maka berbagai permasalahan bisa muncul di kemudian hari, misalnya suara kicauan yang mengecil atau kurang maksimal. Hal ini bisa terjadi pada semua jenis burung ocehan popular, termasuk cendet.

Berikut beberapa penyebab suara cendet mengecil setelah mabung:

Semasa mabung, cendet hanya mendapatkan asupan pakan kering saja (voer) tanpa pernah mendapatkan pakan tambahan serta suplemen vitamin yang dibutuhkannya.


  • Semasa mabung, cendet sering dijemur secara berlebihan.
  • Semasa mabung, cendet juga kerap dipaksakan untuk ikut lomba atau diadu dengan burung sejenis.
  • Semasa mabung, cendet mengkonsumsi pakan yang sudah terkontaminasi bakteri atau jamur. misalnya dari pakan voer yang selama beberapa hari jarang diganti baru atau sudah basi.
  • Sangkar cendet yang kurang terjaga kebersihannya, menyebabkan kotoran dan sisa pakan menumpuk sehingga menjadi tempat berbiaknya parasit maupun jamur yang dapat mengganggu organ pernafasan dan suaranya.
  • Burung yang masih dalam kondisi kurang fit paska mabung, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk mengumpulkan energi dan staminanya kembali.

Adapun untuk solusi mengatasi cendet yang bersuara kecil setelah mabung adalah sebagai berikut:

  • Memberikan tambahan suplemen vitamin untuk menjaga kondisi sekaligus membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari.
  • Berikan pakan tambahan / EF secara rutin, misalnya jangkrik yang telah dicelupkan pada madu murni. Berikan EF tesebut dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  • Berikan pakan EF lain seperti ulat bambu sebanyak 2 ekor setiap hari untuk membantu memaksimalkan suara kicauannya kembali.
  • Terapi mandi malam diberikan setiap 2-3 hari sekali.
  • Lakukan penjemuran dengan durasi yang lebih lama.
  • Latih cendet dalam kandang umbaran secara teratur setiap beberapa hari sekali.

Itulah beberapa solusi mengatasi suara cendet yang mengecil setelah mabung.

Semoga bermanfaat

Post a Comment for "Cara Mengatasi Suara Cendet Mengecil Setelah Mabung"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News