Tips Mengobati Guratan Merah Di Kaki Burung Kenari



Salam Kicau Mania dan Burung Mania, bagaimana kabarnya para Kenari Mania?? semoga selalu sehat ya, di momen libur akhir tahun ini bagi yang berlibur jangan lupa untuk menyediakan perawat bagi kicauanya di rumah, khusunya bagi yang memiliki burung kenari jangan sampai karena di tinggal luburan kenarinya tidak terurus kan kasian juga. Apalagi sampai sakit wah .... bisa bikin setres nanti.

Berbicara tentang penyakit pada Burung Kenari salah satu penyebab sakit pada burung kenari adalah adanya guratan merah pada bagian kaki tepatnya pada bagian betis dan lekukan jari kaki yang lama-kelamaan kalau tidak terdeteksi dapat menyebar dan menjalar, dan akan menyebabkan Burung Kenari Sakit-sakitan. Karena jika terjadi guratan pada kaki Burung Kenari dan sampai menjalar itu pertanda indikasi adanya infeksi yang harus segera mendapat penanganan. Karena jika terlambat dalam penangananya maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan  sang kenari, namun sayangnya sebagian besar kenari mania yang kicauanya mengalami hal tersebut menyadarinya setelah guratan merah pada kakinya sudah menjalar dan menyebar maka penanganya pun akan cukup sulit jika pun dapat di sembuhkan dengan obat antibiotik maka kondisinya akan berakibat kecacatan.


Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Cara Tepat Mengobati Guratan Merah Pada Kaki Burung Kenari. Karena jika sampai terlambat penanganannya maka akan menyebabkan Burung Kenari sakit dalam keadaan kronis bahkan dapat berujung kematian.Sebelum anda melangkah dalam pencegahan dan pengobatanya sabaiknya kita cari tau dulu apa penyebab terjadinya guratan merah tersebut pada kaki burung kenari.

Penyebab Guratan Merah Di Kaki Burung Kenari

Adanya Guratan Merah pada Burung Kenari biasnaya disebabkan karena infeksi yang terjadi karena serangan jamur akibat adanya luka gores yang  disebabkan oleh jeruji dan adanya bagian atau aksesoris kandang yang tajam, dapat pula di sebabkan gigitan nyamuk yang menjadikan rasa gatal pada gigitan sehingga menjadikan kenari mematuk bagian yang gatal dan terjadi luka yang jadikan mikroba atau jamur untuk masuk ke dalam tubuh burung.


Saat kondisi seperti ini sudah terjadi maka pengobatan harus di lakukan dari dua penjru baik antibiotik oles maupun obat antibiotik oral atau di minum.


Setelah anda mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya guratan tersebut, selanjutnya lakukan langkah pencegahan dan pengobatan seperti di bawah ini:

Pencegahan dan Pengobatan Guratan Merah di Kaki Kenari

1. Jaga kondisi kandang dan pastikan tidak ada bagian sangkar yang tajam dan membahayakan burung sehingga dapat menyebabkan luka, baik dari jeruji kandang, alas atau dasar sangkar, juga gunakan  wadah pakan dan minum yang bagian atasnya tumpul karena terkadang kenari sering nangkring di atas  wadah pakanya sehingga jika wadah pakan yang di gunakan bagian atasnya tajam dapat menyebabkan luka pada bagian telapak kaki , sedangkan cukup sulit juga kalau harus mengecek rutin bagian telapak kaki burung.


2. Saat malam hari kenari beristirahat dalam tempat gelap, lakukan  full kerodong atau tertutup rapat tapi gunaka kerodong yang tipis atau transparan.


3. Kontrol secara rutin bagian tubuh burung dari kemungkinan adanya luka atau sudah menjadi guratan merah setiap hari.


4. Segera lakukan tindakan jika trjadi adanya indikasi infeksi yang di tandai dengan perilaku burung yang sering mematuk kakinya atau terlihat tidak nyaman saat bertengger, dan jika sudah terlanjur terjadi segera mungkin lakukan pengobatan dengan menggunakan antibiotik yang tersedia di pasaran lakukan pengobatan dari dua arah yaitu pengobatan laur dan dalam, sebelum menjalar dan lebih luas yang terinfeksi.


Demikianlah sedikit share dari saya tentang  Cara Tepat Mengobati Guratan Merah Pada Kaki Kenari, jika ada krtik dan saran atau ingin menambahi silahkan tuliskan pada kolom komentar, semoga bermanfaat untuk para Kenari Mania semua, terima kasih.


No comments for " Tips Mengobati Guratan Merah Di Kaki Burung Kenari"