Widget HTML #1

Mengenal Burung Yuhina Lebih Dekat

 
burung yuhina


Burung Yuhina - masyarakat lokal menyebutnya Perenjak Batu. Mungkin masih ada sahabat Kicau Mania yang belum pernah melihat atau bahkan baru pertama mendengar nama burung ini, terutama yang belum pernah masuk daerah kalimantan ataupun masih awan dalam dunia Kicau Mania. Untuk itu tidak ada salahnya jika kali ini saya akan sedikit berbagi tentang Mengenal Burung Yuhina Lebih Dekat..

Burung Yuhina Kalimantan
Di dalam literatur perburungan internasional disebut Chestbut - Crested Yuhina sedangkan untuk nama ilmiahnya burung ini di sebut Yuhina Everetti dan masuk ke dalam keluarga Timaliidae yang berarti mempunyai hubungan kekerabatan dengan burung pelanduk, cica kopi melayu, tepus, ciung air, poksai jambul, berencet, poksai mantel, cica matahari dan sebagainya, namun nasib Burung khas Endemik Pulau Kalimantan ini sempat mengalami beberapa perubahan dalam pengklasifikasian seperti pernah masuk kedalam keluarga Zosteropidae yang masuk dalam kerabat burung kacamata / pleci.

Wilayah Sebaran Burung Yuhina
Burung ini merupakan asli endemik Pulau Borneo atau Pulau Kalimantan penyebarannya hampir merata sampai ke negara tetangga kita yaitu Brunei Darussalam dan Wilayah Malaysia Timur (Sabah, Serawak, Kuching dsb).

Ciri Burung Yuhina

Kalau dilihat secara sepintas dari segi fisik memang Burung Yuhina Kalimantan ini mirik dengan Trocok Jenggot, namun yang membadakannya adalah warna pada bagian jambulnya merah karat cenderung oranye, bahkan dari kicauannya juga mempunyai kemiripan dengan Burung Cucak Jenggot namun juga agak cenderung mirip suara Crecetan Burung Gereja ditambah nilai plus mempunyai variasi suara lainnya. Bahkan apabila dirawat dari anakan dapat meniru suara Burung Kenari. Tidak heran jika burung ini cukup populer di kalangan Kicau Mania Kalimantan untuk dijadikan burung kicau rumahan, masteran atau guru bernyanyi Murai Batu dan Kacer. Bahkan di singkawang Kalimantan Barat ada kelasnya tersendiri saat di adakan latber ataupun lomba tingkat lokal.

Burung Yuhina
Baca juga: Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Mabung

Cara Merawat Burung yuhina

  • Pemberian Pakan


Pakan utama Yuhina Kalimantan adalah buah-buahan seperti Pisang, Pepaya dsb, namun burung ini juga sangat menyukai serangga seperti Jangkrik dan Ulat Hongkong.

  • Sering Dimandikan


Rajin dimandikan sebagai mana umumnya keluarga Timallidae, agar rutin dimandikan 2-3 hari sekali agar burung Yuhina cepat bunyi gacor.

  • Kandang


Sedangkan untuk perawatan hariannya terbilang mudah karna burung ini cukup mudah beradaptasi dan tipikal di alam liar hidup berkoloni seperti halnya trucukan dan Kutilang.

Download Suara Yuhina Untuk Masteran
Untuk rekan - rekan yang ingin mendengar saura Burung Yuhina atau untuk dijadikan masteran silahkan anda dapat download secara gratis melalui tautan di bawah ini:


Demikianlah sedikit share dari saya tentang  Mengenal Burung Yuhina Lebih Dekat, semoga bermanfaat untuk rekan - rekan kicau mania sekalian, jika ada kritik dan saran atau ingin menambahi sialahkan tuliskan melalui kolom komentar di bawah, terima kasih

Post a Comment for "Mengenal Burung Yuhina Lebih Dekat"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News