Widget HTML #1

Cara Merawat Kolibri Ninja Untuk Lomba


Salam Kicau Mania dan Burung Mania, Burung Kolibri Ninja sebenarnya merupakan jenis burung madu yang ada di indoneisa, kenapa burung ini disebut Kolibri Ninja karena dilihat sari penampilanya dengan bulu yang berwarna hitam mengkilap seperti seragam ninja yang kita lihat di layar televisi. Jenis Burung Madu yang  satu ini cukup populer di kalangan para Kicau Mania di Indonesia terbukti dengan adanya iven perlombaan yang memeprtandingkan kelas  Konin atau Kolibri Ninja ini.


Kolibri Ninja Jantan

Namun sebagaimana umumnya jenis Burung Kicau, tidak semua Burung Kolibri Ninja dapat mengikuti perlombaan, karena diperlukan fisik dan mental yang baik untuk siap bertempur di arena perlombaan. Sedangkan untuk mencapai  fisik dan mental optimal diperlukan pelatihan dan perawatan yang konsisten agar tujuan itu dapat diraih. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang Tips Rawatan Kolibri Ninja Agar Siap Tempur.


Burung Kolibri Ninja yang belum siap mentalnya atau bakalan biasanya akan sering diam tidak bersuara dan terkadang dibarengi gaya yang khas di sebut ngobra. Untuk mempersiapkan mental tempurnya Kolibri Ninja perlu mendapatkan perawtan harian dan lomba juga sering mengikuti Latber atau Latihan Bersama agar mental bertarungnya terasah. Nah untuk mempersiapkan Konin atau Kolibri Ninja yang siap Fighter di perlombaan silahkan anda simak beberapa tips Melatih Kolibri Ninja untuk Lomba seperti di bawah ini:


Setelan Pakan Kolibri Ninja Untuk Lomba

Untuk membentuk mental yang bagus tentunya kondisi fisik yang optimal wajib di jaga, untuk menjaga dan mendongkrak stamina konin maka asupan makanan bergizi perlu di perhatika, berikut sumber pakan Kolibri Ninja yang bagus:

  • Pemberian Air Madu Murni atau Gula

Seperti makanan alaminya di alam liar pakan Air madu atau gula merupakan sumber makanan utamnaya, jadi ketika anda memelihara Kolibri Ninja pakan Air Madu atau Gula  wajib disediakan.

  • Pemberian Kroto

Seperti umumnya perawatan Burung Kicau pemberian EF merupakan hal yang mutlak, karena salah satu indikasi burung punya mental yang bagus adalah dengan melihat bagaimana burung dalam melahap makanannya. Salah satu EF andalan untuk Konin adalah Kroto, karena kandungan gizi dar kroto sangat bagus untuk menjaga dan mendongkrak stamina dan mental Kolibri Ninja.

  • Pemebrian EF lain

Selain pemberian Air Madu atau Gula dan Kroto, ada sumber EF lain yang dapat anda berikan sepeti: Laba-laba kecil, Ulat Hongkong putih dan lainya.



Rawatan Kolibri Ninja Untuk Lomba

  • Adaptasi Lomba

Bagi Kolibri Ninja yang masih sedikit jam terbang lomba, maka perlu melakukan adaptasi atau pembiasaan kondisi lomba, dengan sering membawa Konin ke arena Latber atau perlombaan gunanya untuk melatih mental dan menambah jam terbang, saat dalam keadaan seperti itu tidak usah langsung menggenjot dengan memasang target juara cukup sebagai bahan pengalaman Konin untuk membangun mental bertarungnya.

  • Pengkerodongan

Saat konin anda dalam rangka persiapan untuk lomba, lakukan pengerodongan saat siang sampai sore hari agar konin bisa lebih tenang supaya energinya tidak banyak terbuang, anda bisa membuka kerodongnya saat sore hari dan memiarkannya berkicau secara bebas. Lalu saat burung beristirahat di malam haripun lakukan pengerodongan supaya istiratanya lebih maksimal.

  • Pengembunan

Sedangkan pada saat pagi hari lakukan pengembunan pada Kolibri Ninja

  • .Karantina

Lakukan karantina sejak H-7 sebelum perlombaan dengan memisah Burung yang akan dilombakan dari sejenisnya jika anda memiliki lebih dari satu konin. Dan saat itu lebih baik anda melakukan pemasteran terhadap burung dengan mendengarkan audio mp3 suara burung gacor, namun intensitasnya jangan terlalu sering.

  • Penempelan Kolibri Ninja

Sedangkan untuk H-1 sebelum perlombaan sediakan konin betina dengan menempelnya agar mental bertarungnya terdongkrak.

  • Pemberian Suplemen Makanan

Hal terakhir yang dapat anda lakukan untuk mempersiapkan Konin ikut lomba dengan memberinya suplemen makanan untuk meningkatkan daya tahan juga mentalnya.



Pelestarian Kolibri Ninja

Perlu anda ketahui juga bahwa semua jenis Burung Madu termasuk Kolibri Ninja termasuk ke dalam daftar burung yang di lindungi  di Indonesia ;ewat : Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Oleh sebab itu diharapkan para Konin Mania dapat lebih bijaksana saat anda ingin memliharanya, lebih baik lagi jika anda bisa melakukan penangkaran Kolibri Ninja untuk menjaga kelestarianya.


Mungkin cukup sekian dulu share dari saya tentang Tips Rawatan Kolibri Ninja Agar Siap Tempur, jika ada kritik dan saran atau ingin menambahi silahkan tuliskan pada bagian komentar. Semoga dapat bermanfaat bagi para Kolibri Ninja Mania semua, terima kasih.

Post a Comment for "Cara Merawat Kolibri Ninja Untuk Lomba"

Baca Artikel Lainnya dari Burungkacer.com Google News